----- Original Message -----
Sent: Friday, 07 October, 2005 09:37
Subject: Re: [budaya_tionghua] pemberontakan boxer

ABS menulis:
Setahu saya Empress Dowager Tzu Sie tidak sampai memaklumkan perang, dia hanya secara terbuka mendukung Gie Hoo Toan (Boxer).

Setelah membolak-balik buku sejarah, saya temukan Cixi ada memaklumatkan perang terhadap seluruh kekuatan asing di Tiongkok, tepatnya pada tanggal 21 Juni 1900. Ini dia lakukan karena ia memang sangat benci terhadap kehadiran kekuatan asing di Tiongkok, yang ia anggap terlalu jauh mencampuri urusan internal pemerintah Qing. Dalam pada ini, kekuatan asing memang menyatakan dukungan terang2an terhadap Kaisar Guangxu yang waktu itu menjadi kaisar bonekanya Cixi. Kaisar Guangxu ingin mengadakan reformasi, namun ditentang oleh Cixi dan kasim2 besar lainnya yang takut kekuasaan mereka akan hilang.

Sent: Saturday, 08 October, 2005 09:38

Maaf aku bukan ahli dalam hal ini, tetapi seperti apa yang aku baca, bahwa Cixi memang ada menyatakan perang secara terbuka terhadap orang asing.

Maaf, saya memang belum membaca pernyataan perang yang dimaklumatkan Empress Dowager (Ibu Suri) Tsu Hie.

Kalau boleh dijelaskan, apakah pernyataan itu hanya statement politik dia pribadi, atau suatu deklarasi perang atas nama kerajaan.

Bagi saya menjadi kurang jelas, karena Ibu Suri kan hanya seorang walinegara, sehingga deklarasi semacam itu seharusnya dimaklumatkan oleh seorang Kaisar, sementara Kang-heng katakan pihak asing justru mendukung Kaisar Kong Sie.

Wasalam.