From: Martha J. [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Sunday, November 20, 2005 10:43 AM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Re: Asal muasal kata "owe"

saya rasa anda benar. biasanya memang kalau non tionghoa mengatakan
kata itu, selalu dengan maksud mengejek.
jaman sekarang bahkan yang sudah usia 70 tahunpun tidak lagi
menggunakan kata itu, kecuali yang masih kuat kedaerahannya.

MJ

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Pierre Huang"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
sering
> dijumpai di tayangan teve, diucapkan oleh orang nontionghoa yang
> berperan sebagai orang tionghoa untuk menyatakan "aku" / "saya" .
> Sepengetahuan saya, kata "aku/saya" dalam dialek hokkian/tiociu
> adalah "gua" atau "wa". Atau "owe" itu berasal dari dialek lain?
> Jangan-2 "owe" ini digunakan untuk menyindir orang tionghoa yang
> totok/tidak fasih berbahasa Indonesia?
>
> Justru kata "gua" atau "gue" dan "lu" yang sudah diterima luas
sebagai
> bahasa gaul di Indonesia dan tercantum di kamus besar bahasa
Indonesia
> sebenarnya adalah berasal dari bahasa Tionghoa, khususnya dialek
> Hokkian/Tiociu.
>
> Thanks...

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/cRr2eB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM