From: "Freddy Cahyadi" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, December 15, 2005 3:22 PM
Subject: Re: [budaya_tionghua] [t-net] Peraturan Penggantian Nama Cina

> Namanya juga politik (diplomasi), meskipun secara harafiah tidak memakai
kata "harus", tetapi pada prakteknya (khususnya keadaan saat itu)
popagandanya lebih ke arah represif sehingga orang2 takut.
>   Pertama, kita bisa lihat dengan jelas kata2 lainnya dalam teks ini,
yaitu kata "asimilasi".
>   Saat itu konsep integrasi dan konsep asimilasi saling berlomba dalam
tataran politik.
>   Jelas undang2 di bawah ini bersifat propaganda.
>   Kedua, kita bisa lihat kata "Tjina". Jelas sebelumnya bahwa sebutan yang
tepat dan resmi adalah Tionghoa, bukan Cina. Sebutan "Tjina/Cina" adalah
sebutan pro asimilasi.

>   Freddy

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/f4eSOB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM