Dalam berdiskusi lebih lanjut, kita sebaiknya mengerti dulu, ada perbedaan
besar antara ajaran Confusius dan agama Khonghucu, juga ada perbedaan nyata
antara filsafat Tao dan agama Tao.

Ajaran Tao sejati, seperti Dao De Jing karya Laozi, tidak ada hubungan sama
sekali dengan kepercayaan Tri Darma di kelenteng. demikian pula dengan
"Kitab Nyanyian" yang dipromosikan Confucius sebagai salah satu buku wajib
( satu dari Lima Kitab utama ), tidak ada hubungan sama sekali dengan ritual
di klenteng!!! wong isinya murni Puisi.

dan tahukah? hari lahir Confucius ditetapkan sebagai hari pendidikan dunia
oleh PBB?

dan sedikit koreksi:
Ajaran Confucius justru lebih dipahami rakyat jelata, karena begitu membumi,
dalam sejarah panjang dia telah dimanfaatkan menjadi alat komunikasi kaum
penguasa dan masyarakat.

Sedangkan ajaran Tao yang lebih abstrak, susah dicerna orang awam, dia lebih
merasuk ke jiwa kaum terpelajar, sastrawan dan seniman.

salam,
ZFy