Ada sebuah latar belakang sosial mendasar, yang sering luput dari para
pengamat, yakni  mengapa masyarakat Islam sering tak bisa mengendalikan
marahnya, dan cenderung menghalalkan kekerasan.

Saat ini, dalam pertarungan peradaban di dunia Internasional, Masyarakat
Islam sering merasa ada di pihak yang kalah, yang lemah, yang teraniaya,
yang dilecehkan. di bawah sadar, perasaan rendah diri ini sering menghantui
mereka, setiap kali terjadi " ketidak adilan", "penghinaan" dll, langsung
naik pitam!!!

Jka penghinaan atau ketidak adilan ini menimpa pihak yang punya rasa percaya
diri tinggi, pasti reaksinya akan lebih " dingin ", seperti dalam kasus umat
kristen terhadap film " Temptation of jesus Christ". atau berbagai kejadian
yang tidak berkaitan dengan agama, tapi berkaitan dengan rasa kebangsaan
masyarakat Tionghoa, dalam sejarah panjang, orang barat sering melakukan
"pengkerdilan" terhadap citra orang Tionghoa, ini sering mereka lakukan
melalui media cetak atau film. Meski marah, orang Tionghoa toh tidak menjadi
brutal, mengapa? Meskipun dalam berhadapan dengan kemajuan dunia barat,
orang tionghoa juga sering merasa kalah, tapi mereka tidak lantas rendah
diri, karena di bawah sedar, dalam diri orang Tionghoa selalu dibayangi
sejarah leluhurnya yang pernah jaya, mereka yakin dapat mengejar
ketinggalan, dan mengulang kejayaan masa lalu.

Maka, jika anda memaki orang kaya dan jaya, mereka lebih banyak membalas
dengan senyum angkuh dan sinis, tapi jagan pernah memancing amarah orang
miskin dan susah, mereka bisa membabi buta. Perlu ditekankan disini,  saya
tidak mengatakan masyarakat Islam adalah masyarakat miskin dan susah, tapi
melihat, sebagian golongan Islam yang cenderung pada kekerasan memang punya
mental "Orang susah".

ZFy