Menanggapi himbauan moderator agar tulisan tidak menyimpang dan
mengaitkan dengan agama tertentu dan tidak berhubungan dengan milis
"budaya tionghoa" saya pertama kali mohon maaf bila tulisan saya ada
menyinggung agama tertentu walaupun tidak ada maksud menyudutkan agama
apapun. Juga saya setuju bila tulisan yang menyangkut RUU APP maupun
kewarganegaraan tdk perlu dilanjutkan karena tidak berkaitan dengan
milis ini.

Sangat disayangkan selama lebih dari 30 tahun budaya tionghoa di
Indonesia sepertinya hampir musnah karena dilarang oleh pemerintah
waktu itu.

Bersyukur sekarang ini sudah mulai kembali di kembangkan lagi. Cuma
mungkin masih disayangkan banyak yang di "bisnis"kan alias utk
mempelajari kebudayaan tionghoa di Indonesia mesti mengikuti kelas dgn
bayaran yang tidak murah (CMIIW).

Di negeri saya tinggal saat ini, kebudayaan tionghoa sangat diminati
dan dihargai keberadaannya. Banyak sukarelawan yang memberikan
pelajaran-2 dgn biaya yang relative murah.

Mulai dari kelas musik dengan peralatan traditional, lion/dragon
dance, bahasa tionghoa, meditasi, tai chi utk kesehatan dsb.

Tidak hanya budaya tionghoa saja yang dihargai, semua jenis kebudayaan
disini dihargai dan diberikan kebebasan untuk berkembang.

Bicara mengenai kebudayaan, saya pribadi mempunyai pengamatan dari
jenis makanannya. Kebudayaan yang sangat TUA dan sangat TINGGI adalah
2 hal yang berbeda. Saya tidak tahu persis tua mana budaya mesir
dengan budaya di China ? Namun menurut pendapat saya pribadi Budaya
China lebih tinggi daripada budaya Mesir, bahkan kebudayaan Indiapun
lebih tinggi daripada Mesir.

Hal ini menurut pendapat saya (CMIIW) cara/budaya orang India &
Chinese dalam mengolah makanan lebih bervariasi dan complex.

Dibandingkan dengan kebudayaan kepulauan pacific yang sangat
simple/sederhana, cara mereka mengolah makananpun sangat amat
sederhana.

Hal lain dari perbandingan budaya mesir (kuno) dan budaya Tiongkok
(kuno) walaupun Mesir banyak ukiran-2, namun dari bentuk ukirannya
tingkat kesulitannya tidak lebih tinggi dari ukiran-2 di tiongkok. Di
Junani/Roma (kelompok mediteranian) mempunyai bangunan kolosal yang
besar-2 namun dalam tingkat kedetilannya masih dibawah tiongkok.

Mungkin ada teman-2 yang bisa memberikan informasi/perbandingan yang
lebih detail, karena sumber yang saya dapatkan sangat terbatas dan
sederhana pula.