Saya sepenuhnya paham yang anda maksudkan dengan " paham politik ", memang,
kampanye yang mereka lakukan sepenuhnya adalah gerakan politik. namun,
mereka lain dengan gerakan politik yang lain, yang jelas2 menawarkan sebuah
" ideologi politik ".

Meskipun mereka bekerjasama dengan kelompok politik yang jelas ideologinya,
seperti " kelompok anti komunis",   mereka tidak pernah mau terang2an
mengemukakan ideologi politiknya. mereka melakukan dengan cara lain!
pertama, mereka coba merekrut anggotanya dengan memasarkan " paham agama
"nya, mengambil simpatik masyarakat lewat kampanye penindasan oleh
pemerintah komunis. bahkan, saking liciknya, mereka selalu membantah bahwa
ajaran mereka adalah " agama ", apalagi gerakan politik!

Kalau disimpulkan begini:
Dengan tameng agama mereka melakukan gerakan politik, sebaliknya dengan
gerakan politik mereka membesarkan agamanya!
Mereka dimanfaatkan oleh kelompok anti RRC untuk maksud politik, sebaliknya
mereka memanfaatkan dukungan kelompok politik ( termasuk dukungan dana)
untuk membesarkan organisasinya.

salam,
ZFy