Dibawah ini sebenarnya jawaban utuk Japri, tapi menurut saya, isinya cukup
relevan dengan milis dan
tak tabu untuk diuwarkan ke umum.

Pak mm,

Saya pernah sekolah di SMP konfusius Solo, satu2nya di Indonesia, saya
dengar sendiri pengajaran oleh guru agama saya, seorang pemimoin agama yang
disebut Haksu.

Anda jangan salah tafsir, "sabda" ( ini hanyalah istilah bombabtis saya,
jangan diambil hati ) diatas bukanlah usaha mendeskreditkan "agama" KHC, ini
justru pembelaan dari Agama KHC, untuk menangkal serangan agama lain, yang
menganggap KHC hanya etika, bukan agama.
Dengan " pernyataan " ini, umat KHC justru balik "menyindir" agama lain
sebagai " agama negatif ", yang banyak bicara mengenai dunia arwah! menurut
saya ini sebuah statment yang cerdas, sebuah pembelaan yang ofensif!!!

Pernyataan ini bukan tanpa dasar, Confusius sendiri pernah berbicara : "Jika
belum memahami hidup, untuk apa bicara kematian?" dia juga menganggap semua
pembicaraan tentang surga neraka setan malaikat adalah " Guai Dao Luan Sheng
" (ajaran aneh yang mengacukan jiwa.)

Saya sendiri tak pernah memandang KHC sebagai agama, karena saya memiliki
kriteria sendiri, tapi jika mereka mempunyai definisi sendiri tentang agama,
itu hak mereka! yang saya tidak suka adalah, demi menyesuaikan diri dng
definisi agama menurut agama lain, lantas membelokkan ajaran KHC itu
sendiri, agar dapat diakui sebagai agama. ini yang konyol! makanya dalam hal
ini saya memuji " pernyataan" Haksu saya di Solo itu. brilliant!

ZFy