_____

From: Gunawan Kurnia [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, January 31, 2008 5:28 PM
To: Budaya Tionghua Yahoogroups
Subject: [budaya_tionghua] Re: Ciong di TAHUN TIKUS--Ojo cawe-cawe!

GK : Anton-heng, kalo sebagai manusia kita nggak bisa nentuin nasib kita
sendiri, kesian banget kita ya ...

Als : Yang percaya sebaliknya juga akan merasa kasihan kepada Anda.
Suka-sukalah orang percaya. :-)

GK : Als-heng, memang suka-suka orang percaya seh, tapi masa' sih mentang2
kita punya kepercayaan, trus kita jadi percaya membuta ? kalo jawabnya,
suka2 orang donk, mau membuta mau nggak, ya udah ... end of discussion aja
ah.

Als: GK-heng, ada orang yang percaya-buta, ada yang mula-mula percaya
(setengah-buta) lalu dgn matanya yg masih melek menyelidiki kepercayaannya
itu sampai tuntas, dan ada pula orang yang tidak memerlukan proses
percaya-atau-tidak percaya tetapi menyelidiki segala sesuatu dgn segala
kemampuannya. Maksudnya, biarlah orang-orang tsb sesuai dgn tingkatannya
masing-masing berjalan sendiri sebagaimana adanya tanpa kita cela. Itulah
maksud saya. Marilah kita meneruskan diskusi ini dengan damai, jika GK-heng
merasa suka.

Als : Kalo orang percaya 100% sama "Suhunya" dan hidupnya (menurutnya)
berhasil. Lantas apa urusan Anda hayooo! :-)

GK : Als-heng, kalo demikian saya turut berbahagia tentunya.

Als: Nah, sikap bijak GK-heng inilah yang biasanya membawa perdamaian dan
keselarasan antar sesama manusia. Bravo!