Sebenarnya patokan kita jelas sekali. Disini kita bahas budaya, dan
itu budaya Tionghoa (bukan Arab, Yahudi, Mesir, dll).

Kalau agama dimasukkan dalam pembahasan, karena ini mutlak perlu guna
pemahaman yang lebih mendalam akan budaya Tionghoa, ya carilah agama
agama yang tumbuh bersama budaya Tionghoa. jangan agama yang
menjauhkan perhatian kita pada budaya yang sedang didalami.

Disini, imlek yang menjadi titik tengah pembahasan, bukan ritual
agama yang tak ada sangkut pautnya dengan sejarah muasal imlek, atau
dianggap pengganti ritual asli (kayak susu kedelai saja pengganti
susu ha ha ha).

Salam budaya

Danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "mulyawanlie"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> bang Suryana,
>
> informasi yg ente sampaikan memang betul kejadian.sudah rahasia umum
> kok.mangkanya bang sur dan tentunya bro d sis lainnya, kenapa gak
> balik badan pulang kampung kembali menjadi buddha-konghucu.masak yg
> tahayul2 gitu diikutin.takut masuk neraka ya? hehe
> masih minder jadi 'cino'?.mo jadi londo?.pinternya orang amerika
emang.
> bang sur,mas danardono, mohon pencerahannya, ane pikir agama tuh gak
> ada.yang ada budaya! jadi semakin banyak tionghua ikutan
> kristen-katulik semakin hilang budaya/agama tionghua.berapa banyak
> [...]

Kirim email ke