Ini saya ketemukan diinternet - mungkin ini akn membantu:
http://www.nationsonline.org/oneworld/Chinese_Customs/taoism_ancestor_worship.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Ghost_Festival
Sisanya jawabannya sudah saya tulis:  terserah percaya atau tidak tidak
penting. Pokokmya mau percaya ini asal budhisme atau Dao tidak perlu kita
diskusi  Persoalan agama sulit didiskusi dan pasti ketemu jalan buntu. Jikalau
saya menulis pendapat - itulah basic - kalian dpt membicarakannya sekehendak
kalian.  Factanya boleh kalian baca dibawah ini.

Analisa saya bukan berdasarkan kepercayaan atau ajaran tetapi berdasarkan logic
dari calender HuangDI yg saya juga bandingkan dgn calender dari agama Hindu yg
juga systemnya sama. Dgn membandingkan ini dgn calender Gregorian kita juga
akan menarik kesimpulan bahwa setiap almanac keperluannya adalah utk memberikan
routine penghidupan semacem patokan. Routine didalam satu tahun biasanya  mulai
dgn kapan mulai tanam kapan mulai panen etc Ini semua diketemukan didalam
calender apapun juga incl. agama Maya. Tetapi peringatan festival² tsb disemua
calender setelah ribuan tahun dirubah menjadi perayaan yg tidak berhubungan
lagi dgn pertanian. Karena itu hungryghost festival menjadi pesta rebutan kalau
diIndonesia. Ini sekarang adalah pesta  dgn segala macem upacara sembayang dan
donatie etc dan inti dari festival ini oleh mereka yg tidak hidup didalam
bidang pertanian sudah dilupakan.  Tetapi utk mereka yg masih mencari nafkah
dari pertanian dimanapun
 juga didunia akan sama dn tetap adalah patokan penghidupan.

Saya hanya peringatkan bahwa para petani pd umumnya butahuruf - catatan sipil
tidak ada Yg ada adalah bulan matahari, dan musim. Penangalan tgl 15 pasti
kalau tinggal ditempat pertanian dimana tidak ada listrik tidak akan salah
sebab waktu itu adalah terang bulan. Kalau tinggal didaerah ladang pada hari
ini kita juga lihat padi sudah mulai mematang, dan kita juga mengerti musim
paceklik - kurang makan. Juga kalau tanam padi hama banyak sekali Ini semau
facta² tidak perlu ditulis tetapi dirasakan. Inilah basic dari agama HuangDi -
setiap kel. petani tidak akan salah jikalau mereka follow system almanac ini.
Tambahan dari ajaran Kungtze dan agama Budha dibelakangan jaman tidak akn
merubah basic intinya. Calender HuangDi bukan mulai jaman Kungtze seperti yg
sering dipakai diIndonesia tetapi 2000 sebelumnya sudah ada. Silahkan memakai
logic utk mengerti persoalan ini dan jangan memakai theory ajaran agama apapun
dn catatan kitab mana [Kitab ditulis oleh
 seorang individue dan tidak selalu correct. Injil saya adalah buku dongeng [
maaf utk yg beragama nasrani].

Andreas