From: Fy Zhou <zho...@yahoo.com>
Date: Mon, 12 Oct 2009 22:16:59
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Suatu ketika kata "Cina" akan bermakna positif (
I am sure )...:)

KwikKiangie sendiri pernah bilang: di dunia ini tak ada bangsa yang semuanya
orang baik atau semuanya orang jahat. di setiap bangsa pasti ada pahlawan,
dermawan, juga pasti ada pencuri dan penjahat. dan sebagian besar adalah orang
biasa yang tak terlalu baik juga tak terlalu buruk.

Jadi mengharapkan semua orang tinghoa berperilaku baik sehingga dapat pengakuan
dari etnis lain adalah mustahil! apakah kita harus menjadi etnis yang super,
yag kelakuannya bak malaikat, melebihi kebaikan etnis lainnya baru bisa
diterima?

Baik buruknya julukan tak bekaitan sama sekali dengan kelakuan orang yang
dijuluki. Kita yang memperjuangkan pemakaian istilah Tionghoapun tdk lantas
menjamin bahwa yang menyandang nama tionghoa pasti orang baik semua. tetap saja
ada Tionghoa baik ada Tionghoa busuk. Demikian juga, meskipun seseorang yang
dipanggil Cina berkelakuan sangat terhormat,  tetap takkan mengubah makna cina
menjadi baik.

Jika belum yakin, kita ambil saja contoh sebuah julukan yang semua sepakat
menghina: yakni julukan " bangsa tempe " bagi bangsa Indonesia! meskipun nanti
bangsa Indonesia sdh sedemikian majunya, tetap saja julukan " bangsa tempe "
tak menjadi julukan terhormat. Yang paling mungkin, orang takkan berani lagi
mengatai bangsa Indonesia sbg bangsa tempe. istilah ini akan lenyap.

Demikian juga dengan julukan "Pesakitan dari asia Timur" yang ditujukan ke
bangsa Tionghoa, tidak akan menjadi bagus meski sekarang negeri Tiongkok
menjadi kuat. yang terjadi adalah: tak ada lagi orang barat  yang berani
memakai istilah itu untuk menjuluki orang Tionghoa.