"Siapakah Saya ?... Saya adalah HambaNya!"

Sulthanul Awliya Mawlana Syaikh Nazim Adil al-Haqqani
Lefke, Cyprus 26 Februari 2006
Diambil dari http://mevlanasufi.blogspot.com <http://mevlanasufi.blogspot.com/>

A'uudzubillaahi minasy syaythaanir rajiim
Bismillaahir rahmaanir rahiim
Allaahumma shalli 'alaa Sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aalihi wa Shahbihi
ajma'iin

Destur, ya Sayyidi, ya Sultanu-l Awliya!
Bismillahi r-Rahmâni r-RahûŠ

Ini adalah sebuah perkumpulan. Semoga Allah mengampuni kita! Apabila kita
diberikan pengampunan, maka keridhaan Allahpun datang, jika Allah tidak
mengampuni, maka Allah tidak memberikan ridhaNya. Dan kita memohon pengampunan
Allah : "O, Tuhanku, ampunilah hambaMu yang lemah ini."

Kita sama seperti manusia yang lain sebagai hamba, itulah alasan penciptaan
kita. Kita diciptakan untukNya, untuk menyembah, menjadi hambaNya!
Subhannallah, Maha Suci Allah - Dia menciptakan manusia dan mengirimnya dari
Surga ke bumi dan Dialah yang menciptakan semuanya, tak ada Pencipta yang lain.
 Kewajiban pertama yang harus kita tahu adalah, kita harus belajar dan
bertingkah laku, itulah penghambaan kepadaNya.

Pertama kita harus mengajari anak-anak kita, dengan bertanya : "Siapakah kamu?"
Jika kamu bertanya kepada keledai: "Siapakah kamu?" Keledai mungkin akan
menjawab: "Saya seekor keledai." "Dan apakah tugasmu, untuk apa kamu
diciptakan, apa yang kamu tahu tentang itu?" Keledai mungkin akan menjawab:
"Ya, saya diciptakan untuk bekerja, memberikan layanan kepada manusia. Saya
adalah hamba dan pelayan bagi manusia."

"Kemarilah kamu! Siapakah namamu?"
"Nama saya fulan atau fulani."
"Siapakah kamu?"
Dia mungkin akan menjawab: "Saya adalah saya."
"Siapakah kamu?"
"Saya adalah seseorang, yang hanya tinggal dibumi, saya adalah makhluk."

"Apakah tugasmu, untuk apa kamu diciptakan?"
"Ooo..Saya tidak pernah menduga akan diajukan pertanyaan seperti itu. Tidak
pernah ada yang bertanya untuk tujuan apa saya diciptakan dan bahkan saya
sendiri tidak pernah mencari tahu alasan untuk bertanya pada diri sendiri untuk
apa saya diciptakan!".

Artinya keledai lebih mengetahui tugasnya sebagai hamba dan pelayan bagi
manusia; anjing, kucing, sapi, rubah, kerbau, unta, domba dan kambing
mengetahui bahwa mereka diciptakan untuk manusia. Tetapi ketika kita bertanya
kepada manusia: "Untuk apakah kamu diciptakan?" Manusia mungkin menjawab: "Saya
tidak pernah ditanya seperti itu, tidak ada seorang pun pernah bertanya dan
saya tidak menemukan alasan ataupun jawaban atau saya tidak pernah berpikir
untuk bertanya pada diri sendiri: untuk apa saya ada?."

Itu berarti level hewan diatas level manusia, karena hewan mengetahui tujuan
mengapa mereka diciptakan, tapi manusia berkata :"Saya tidak tahu. Saya tidak
pernah memikirkan hal itu."

Yang kita bahas sekarang adalah "ma'rifat", itulah yang kita tanyakan pada diri
kita. Sebelum semuanya, sebelum semua diketahui, kamu hatus mengerti tentang
dirimu sendiri: "Siapakh saya?" Itulah "ma'rifat" - untuk mengetahui diri
sendiri. Siapa mengetahui dirinya mengenal Tuhannya.

Ketika kamu telah mengetahuinya, kamu akan menanyakan pertanyaan lain: "Apabila
saya makhluk, diciptakan dan ada diplanet ini, siapakah Yang Satu yang telah
menyiapkan bumi ini sebagai tempat tinggal saya? Siapakah yang menyiapkan?
Siapa yang mengirim saya? Dari milyaran atau jutaan milyar dan ratusan milyar
sistem, galaksi, bagaimana saya dapat berada diplanet ini?"

Jawabannya bukan sesuatu yang dapat kamu pelajari melalui kapasitas kamu,
tidak. Apabila kita dapat mempelajari semua melalui kapasitas kita yang ada,
maka sudah tidak dibutuhkan sekolah, menyiapkan pendidikan tinggi atau
mendirikan pesantren dan sebagainya. Untuk apa? Tidak perlu! Jika dapat
menjawab pertanyaan ini: "Siapakah aku?", jika pertanyaan tersebut dapat
dijawab oleh diri kita sendiri, maka tidak ada alasana atau keuntungan
mengirimkan seseorang seperti para Nabi as.

Dapatkah kamu belajar sendiri? Melalu keakuanmu, apakah kamu mengetahui alasan
keberadaanmu? Bila dapat, maka tidak dibutuhkan seseorang untuk berkata:
"Datang dan dengarlah, saya berbicara bagi kamu, sesuatu yang kamu belum pernah
dengar sebelumnya bahkan berpikir tentangnya!".

Tetapi manusia sekarang seperi Nimrod; Nimrod tidak pernah berkata: "Saya
adalah makhluk atau saya diciptakan", tidak, yang dia katakan :"Saya Tuhanmu,
dan kamu hambaku. Saya adalah Tuhan di bumi ini!". Ketika SayyidunENabi
Ibrahim as datang dan berkata: "O Nimrod, datang dan katakan 'O Tuhanku bahwa
Kaulah yang menciptakanku dan mendandani aku sebagai seorang raja yang menjadi
hambaMu' ". Nimrod tidak memandang dirinya dan berkata: "Saya hanya manusia
biasa", tidak, dia menjawab kepada SayyidunEIbrahim: "Oh! Yang anda maksud
adalah Raja Surga, Tuhanmu, yang menyuruhku menjadi hambaNya dan sayalah raja
dunia, sayalah raja."

Bila kamu berkata kepada manusia sekarang,"Datang dan sembahlah, datang dan
lakukan penghambaan!" Mereka akan berkata,"Untuk siapa?" Dan mereka akan
berkata. "Tuhan itu tidak ada!." Akhirnya Nimrod berkata: "TuhanMu ada di
Surga, tapi akulah raja di dunia!". Nimrod tidak mengatakan 'Tidak ada Tuhan',
tapi manusia sekarang lebih buruk dari Nimrod dengan berkata: "Tidak ada Tuhan
di dunia dan di Surga."
Apabila ditanya mengapa, mereka hanya akan menjawab: "Semua ada karena alami,
alami.."

Manusia sekarang lebih buruk dari Nimrod, mereka tidak berpikir, karena
sebagian besar mabuk, mereka tidak pernah berpikir tentang segala hal dari
kenyataan. Setan membuat mereka hidup dalam imajinasi, melalui dunia imajinasi;
bahkan mereka tak pernah mendekati kenyataan/realitas; mereka selalu berlari ke
jalan setan, yang membawa mereka untuk mempercayai imajinasi.

Karena itu sekarang manusia mengklaim: "Kami telah mencapai puncak keberadaban
dan kami telah meraih stasiun kekuasaan yang belum pernah diraih satu orang
pun!". Dan mereka pun berkata: "Seluruh manusia yang telah tiada, mereka tidak
pernah meraih titik kekuasaan seperti yang kami raih saat ini dan kami
menggunakan kekuasaan yang besar dan dapat menembus batas yang tidak
terbayangkan. Karena itulah, kami adalah pembebas dan kami dapat berkata bahwa
semua orang diciptakan oleh dirinya sendiri dan tidak diperlukan Sang
Pencipta!". Mereka pun berkata: "Setiap kekuatan melalui teknologi berasal dari
tangan kami!".

Itulah posisi manusia yang sombong saat ini. Mereka tidak tahu bahwa apa yang
mereka lakukan adalah batil, banyak kesalahan dan kesalahan itu menimbulkan
krisis, menimbulkan bencana, menimbulkan masalah yang tak terhitung. Bila kamu
dapat memecahkan satu masalah, maka cara yang kalian pakai akan menimbulkan
masalah lain dan masalah lain lagi -masalah yang tak henti-henti dan bencana
tak berkesudahan, karena itulah bencana-bencana itu akan menimbulkan
penderitaan yang tak berakhir dan manusia tidak akan pernah bisa beristirahat.

Tidak ada satupun yang berkata: "Saya bahagia!". Orang-orang tidak berkata:
"Saya bahagia telah dikirim ke bumi ini."
Orang-orang yang tidak beriman membawa manusia kepada bencana dan bencana
adalah hasil dari masalah. Apabila manusia tidak dapat memberikan solusi untuk
sebuah masalah, bagaimana bisa manusia berada dalam kedamaian? Tidak akan.
Bencana akan membawa bencana, bencana membawa penderitaan dan penderitaan
membawa manusia lari dari kepercayaan.

Karena itu, manusia mungkin mengetahui banyak hal, tetapi semua pengetahuan
yang mereka pelajari dan ajarkan tidak dapat memberikan solusi untuk krisis
yang dihadapi. Saat ini krisis menjadi hal utama. Negara-negara barat berkata:
"Kami telah mencapai puncak teknologi, kami sangat kuat, kami dapat melakukan
apapun dengan teknologi, kami berusaha untuk memecahkan misteri", tetapi mereka
tidak bisa mengerti pengetahuan yang sangat sederhana!"

Suatu saat ada seseorang yang sedang duduk seperti saya,  berceramah dan
memberikan pelajaran kepada murid-muridnya, berkata,"Saya dapat menjawab semua
pertanyaan kalian." Salah satu yang hadir berdiri dan bertanya,"O Guru kami!
Bagaimana menurutmu, ganjil atau genapkah janggut kami?" "Hmmm...saya tidak
pernah memikirkannya. Ada pertanyaan lain?". Maka berdiri satu orang lagi,
orang itu berkata,"Ini adalah kulit serigala. Tolong, bila kamu tahu segalanya,
menurut anda berapa banyak rambut dikulit ini?". Inilah contoh dari manusia
yang selalu berkata 'Kami tahu segalanya, tetapi tak bisa menjawab segala
pertanyaan tersebut.

Mereka berkata bahwa komputer tahu segalanya, Bila kamu tahu segalanya dan
berkata,"Kami memiliki komputer", masukkan pertanyaan ke komputer dan akan
keluar hasilnya!". Tetapi bukan itu jawabannya! Saya menanyakan sesuatu yang
bahkan komputer, komputer mutakhir abad 21, atau orang terpelajar seperti
ilmuwan, tidak akan dapat menjawabnya!

Murid yang lainnya berdiri dan bertanya,"O Syekhku, bagaimana menurut anda
tentang seekor semut? Badan semut hanya memiliki 2 buah bagian, kepala dan
bagian belakang, tapi diantara 2 bagian itu ada struktur yang tipis. Saya
memikirkannya beberapa lama untuk menemukan jawabannya, Tiba-tiba jawaban itu
adalh sebuah pertanya lain, "menurut anda isi perut semut ada dibagian kepala
atau belakang?"

Saya bertanya pada ilmuwan yang selalu berkata,'Kami tahu segalanya': "Katakan
padaku: dibagian manakah isi perut semut? Bagian depan atau belakang?" "Kami
harus melihat, kami akan bertanya pada komputer." "Lalu ada bagian kecil pada
komputer, yang akan mencari jawabannya, tapi pertanyaan itu tidak dapat dijawab.

Pengetahuan yang mereka klaim tersebut hanyalah seperti sebuah satu titik di
samudera pasifik dan mereka membanggakannya dengan berkata,"Kita tahu
segalanya!".

Dan saya berkata,"Kamu harus berusaha mencari tahu tentang dirimu sendiri.
Sebelum mengetahui hal lainnya, Siapakah kamu? Jawablah itu. Saya tidak
menanyakan banyak pertanyaan, hanya 'Siapakah kamu?' dan 'Apakah tugas manusia
dibumi?' Apabila kamu tidak memiliki jawabannya, diamlah, jangan berkata
apapun!."

O manusia, berikanlah aku jawaban, 'Siapakah kamu?' Seluruh dunia harus
mengatakan posisi sebenarnya, tentang diri mereka, siapakah mereka dan
bagaimanakah mereka menjadi ada, tapi setan membuat mereka berlarian dan setan
mengajarkan mereka hal-hal yang menganggu dengan segala macam ilmu. Itulah
rangkuman dari tugas mereka atau 'ilmu': untuk memberi manusia bencana; dari
satu bangsa ke bangsa lain, dan setiap bangsa yang ada melalui diri mereka
masing-masing.

Semoga Allah memaafkan kita dan semoga Penguasa Surga memberikan kita seseorang
yang mengajari jawaban sebenarnya dari pertanyaan,"Siapakah kamu? Siapakah
saya?". Jika kita tahu apapun tentang itu, maka kita tak berilmu! Maka
manusiapun akan tahu istilah baru dari "pengetahuan". Manusia telah
meninggalkan pengetahuan turun temurun, dan mencari tahu tentang 'virus flu
burung'.

"Berapa tahun kamu belum dapat memperlajarinya, sekarang kamu belajar? Siapa
yang mengajarimu?" "Kami tidak tahu, kami bertanya: dimanakah tempat untuk
mempelajarinya?"
Saya menjawab,"Daripada membunuh burung dan makhluk tak berdosa lainnya yang
memberi manfaat bagi manusia, kenapa kamu tidak menangkap virus itu dan
membakar virus tersebut?" Dan mereka akan menjawab,"Virus ini tak terlihat,
bahkan dengan miksroskop tercanggih."

Di Turki, sebagian orang mulai meragukan sebagian orang lainnya dan
berkata,"Mungkin penyakit ini flu burung:, tapi saya tidak pernah mengetahui
jenis virus tersebut. Sebanyak 80 juta manusia, tidak ada satupun yang
mengetahui virus ini.  "Apa yang harus kami lakukan?". "Kami dapat mengirimnya
ke London, mungkin mereka tahu tentang virus ini". Sebagian orang
berkata,"Tidak, bangsa Inggris juga tidak tahu, kita harus bertanya ke bangsa
Perancis yang berkata,"Kami ilmuwan nomor satu, kami harus melihatnya dulu!"
Saya bertanya,"Jika kamu tidak pernah melihat atau mengetahui bentuk virus itu,
apakah virus itu ada?"
"Tidak". Dalam hal ini manusia menuju kebodohan...

Semoga Allah mengutus seseorang untuk membangunkan bangsa-bangsa, orang-orang,
untuk mengenal dirinya sendiri sehingga mereka dapat menemukan jalan yang benar
menuju ilmu yang sesungguhnya atau mereka seharusnya berada dalam tabir
kebodohan dan tabir kebodohan memberikan manusia bencana, bencana terbesar,
karena mereka tidak tahu apa yang akan terjadi setelah satu jam kemudian,
setelah satu menit, setelah satu hari...

Itulah yang membuat manusia lebih banyak terjerumus dalam bencana dan
penderitaan. Itulah hukuman dari Surga, disebabkan manusia kehilangan arah,
alasan sebenarnya ataupun kebijaksanaan dari keberadaan mereka dan karena
mereka tidak pernah berkata, "Kami ada untuk Penguasa Surga!"

Semoga Allah memberikan pengampunan dan meridho kamu!
Untuk kehormatan dari segala kehormatan dalam Kehadirat Ilahi,
SayyidinEMuhammad - sallaLlahu ´alayhi wa sallam,
Fatiha!

Wa min Allah at Tawfiq, Bihurmati habib, Fatihah.

Wassalam, arief hamdani

SPECIAL EVENTS AT SINGAPORE - BATAM - JAKARTA - BANDUNG,
29 Maret 2006 - 9 April 2006
SouthEast Asia Sufi Healing Meditation Tour

Southeast Asia Tour 2006, Sufi  Meditation of Body Mind & Soul, Teaching from
Ilm Haqq: Knowledge of the Truth Power of Sound Therapy: Chanting/ Dhikr by
Mawlana Syaikh Nurjan from Los Angeles, USA

Email Representatives for Dates and Locations Br. Jibreel [EMAIL PROTECTED] for
Singapore
23 Maret 2006 - Masjid Alim Shidiqque, Singapore
24 Maret 2006 - Masjid Alim Shidiqque, Singapore

Tour Arief Hamdani  [EMAIL PROTECTED] HP 0816 830 748

>From the Teaching and Guidance of Mawlana Shaykh Hisham Qabbani al Haqqani
>al-Rabbani Instructor : co-Author "The Healing Power of Sufi Meditation"
www.nurmuhammad.com As-Sayed Nurjan MirAhmadi

More than a decade ago he was found by his Master. Since then he has been
traveling and learning and teaching traditional practices of Sufism extensively
all over the world under the direct guidance and supervision of Shaykh Hisham
al Qabbani. Since then As-Sayed Nurjan MirAhmadi has been burning in the fire
of ecstasy from the love of Prophet and his Saints.

As Sayed Nurjan brings these ancient knowledges and practices of spirituality
back to the seekers of a New Age in the context of the extreme materialism of
today blended with his wonderful sense of humor. His style is to teach without
teaching. He is an avid reader and a huge lover of spiritual music.

TENTATIVE SCHEDULE MAWLANA SYAIKH NURJAN MIRAHMADI

29 Maret 2006 : Magrib berjamaah di Jl. Vila Terusan 16, Villa Cinere Mas
30 Maret 2006 : Magrib Jamaah di Jl. Brawijaya 1A No.16, Dzikir dan
                Workshop Meditasi Sufi ( Dibelakang RSKO/Apotik
                Darmawangsa)
31 Maret 2006 : Workshop Whirling Dervishes, Jl Kelapa Dua Raya 1A
                Kebun Jeruk, Bada Isya ( Disamping Toko Roti Seger)
1 April  2006 : Acara ke bandung Dzikir Khatam Kwajagan
2 April  2006 : Dzikir Kawajagan Pesantren Al-Falah Bandung, jam 09.00 pagi
                Nagrek KM 28, Cicalengka, Bandung
3 April  2006 : Whirling, Meditasi di Padepokan Thoha. Jl. Suryo No.2
                Kebayoran Baru Jakarta. Jam 19.30
4 April  2006 : Jl. Vila Terusan no 16, Villa Cinere Mas,Cinere. Jam 19.00
5 April  2006 : Jl. Vila Terusan no 16, Villa Cinere Mas,Cinere. Jam 19.00
6 April  2006 :
7 April  2006 : Taman Ismail Marzuki, Whirling, Meditasi, Jam 19.00
8 April  2006 : Jakarta Islamic Center, Dzikir Akbar Naqsybandi Haqqani
                Jam 15.30 - 18.00

wassalam, arief hamdani
For schedule at Location
HP 0816 830 748

ALAMAT ZAWIYAH DZIKIR DI JAKARTA dan SEKITARNYA DAN
JADWAL DZIKIR

Dzikir Khatm Khwajagan Kamis 23 Maret 2006. Bada Isya, Jl. Kelapa Dua Raya No.1
Kebun Jeruk d/h jl Panjang  Disamping Toko Roti Seger.

ZAWIYAH CIKARANG BARU
Masjid Jami Darussalam, Jl Kedasih IV, Cikarang Baru, Kawasan Perum Jababeka.
Setiap Selasa, mulai Magrib Berjamaah, Dzikir Khatam Kwajagan Isya Berjamaah,
Bada Isya, Kajian Tasawuf.
Informasi: Arief Hp. 0816-830-748

ZAWIYAH BRAWIJAYA - KEBAYORAN BARU
Jl. Brawijaya 1A No.16, Jakarta Selatan
( Dibelakang RSKO Darmawangsa, Dekat Hotel Darmawangsa)

ZAWIYAH RAGUNAN
Jl.Poncol Vila Ragunan Permai Kav 1, Ragunan Jakarta
Selatan. Kediaman Bp. Syamsudin

ZAWIYAH PANGKALAN JATI
Jl. Pangkalan Jati 1 No. 71, Pondok Labu, Jakarta Selatan. ( RS Fatmawati terus
s/d Verboden kekiri mentok kanan s/d perempatan terus 500 m

ZAWIYAH BRAWIJAYA, JAKARTA SELATAN
Setiap Jumat : Khusus wanita, mulai 11.00 wib Jl.
Brawijaya 1A No.16, Jakarta Selatan

ZAWIYAH SANGGAR BULUNGAN CSW - JAKARTA SELATAN
(dibelakang Kolam Renang Bulungan, Rumah Kayu ) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Dzikir Khatam Kwajagan, Marawis Salawat, Darwis Rumi Setiap Senin Malam, jam
20.00. Kontak Person Arief HP. 0816 830 748

ZAWIYAH KH MUSTOFA MAS'UD
Jl. Hasbi 40, Otista, Jakarta Timur 13330, TELP 021-8190475 Setiap Kamis Malam,
Ba'da Isya. Informasi: Handi Biantoro HP. 0818-965-852
email: [EMAIL PROTECTED]

ZAWIYAH CINERE
Naqshbandi Haqqani Rabbani, Dzikir setiap Rabu Malam (umum) Jam 21.00. Ladies
Dzikir: Minggu Sore, bada Ashar Jl. Villa Terusan No.16, melalui Villa Cinere
Mas Informasi: Tono 742-1938, Syaikh Barkah 0817-9105-704

ZAWIYAH KEBUN JERUK - JAKARTA BARAT
Jl. Kelapa Dua Raya No.1, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.Kediaman Bp. Ahmadin

ZAWIYAH TOMANG - JAKARTA BARAT
Jl. Mandala Selatan No.16 Tomang, Jakarta Barat

ZAWIYAH CEMPAKA PUTIH - JAKARTA TIMUR
Jl. Cempaka Putih Raya No. 114, Cempaka Putih, Jakarta

ZAWIYAH NAQSYBANDI CILANDAK TOWNSQUARE, JAKARTA
SELATAN Informasi Abd. Aziz HP.0812844421

ZAWIYAH NAQSYBANDI HAQQANI KEBAYORAN LAMA
Jl. Sholihun Kby.Lama Jakarta Wahyudi 08158903433

A C E H :
Jl. Teuku Muhammad Salleh No.2 Lambhuk, Banda Aceh Informasi: Ust. Zamhuri
Ramli al-Hafidz HP. 0812-939-0774, Rumah 0651 - 26951

M E D A N :
Zawiyah Medan, setiap malam Jumat melakukan Khtam Kwajagan : Jl. Mesjid No. 32
, Helvetia Timur , Medan 20124 Bisa Hubungi Ahmad Djuata Tarigan : 08126040064
Hasan Sebayang HP 081362317176

SUMATERA BARAT - SUMBAR

ZAWIYAH NAQSYBANDI PADANG
Jl.Raya Padangpasir 17 Padang TELP 0751-36257
Informasi: Effendi (0811-661-285)

ZAWIYAH NAQSYBANDI BANUHAMPU - BUKIT TINGGI
Depan Balai Nagari Galung,Banuhampu, Bukittinggi
Sukardi 08161833598

P E K A N B A R U

ZAWIYAH NAQSYBANDI PEKANBARU
Jl.Kartini 24 Komp. Farmasi Pekanbaru Dr.Chairuddin Lubis 0811755721
Dr.Pramujo Abd.Gani 08127518084. Jl. Farmasi No. 24 Pekanbaru 28111, Tel
0761-38289 Kediaman Dr. Chairuddin Lubis Sp.BO

B A T A M :

PESANTREN YUSUF SYAFI'I
Pesantren Yusuf Syafi'i, Syaikh M. Yusuf Ridwan
Asyafi'i Bengkong Permai Komplek Nurul Jadid RT 01 RW
01 Blok D No. 10,  Kelurahan Bengkong Laut Batu Ampar
Pulau Batam. HP. 08136445 3322. Syaikh Riady, Bengkong
Abadi 2, Jl. Cendrawasih Blok A/127 Batam 29432, Tel 0778-411289 Setiap selasa
malam dan kamis malam,
Informasi: Yandri Irzaq (0812-702-2415)

ZAWIYAH NAQSYBANDI BUANA GUMILAR -BATAM
Wisbuin B-12 Batam Center telp 0778-478835

JAWA - BARAT

ZAWIYAH SUKABUMI:
K.H. Ece Supriyatna Pesantren Daarus Syifa
(0811-115-875))

ZAWIYAH CIANJUR
Ajengan KH. Bunyamin, Tipar Caringin, Panembong
Cianjur Setiap Kamis Malam, Bada Isya mulai jam 20.00
malam

ZAWIYAH CIPANAS
Pesantren Toriqul Huda, Pasekon gg. bunga dekat
Restoran Simpang Raya, Setiap kamis malam bada Isya
Ustad Dudi HP 0813814 89282

ZAWIYAH NAQSYBANDI CIREBON
Weru Plered Cirebon Informasi M.Rofiq 081315445446

B A N D U N G :
ZAWIYAH AL-FALAH Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah I
- Cicalengka
Nagrek KM 28 Bandung Pimpinan K.H.Q. Ahmad Syahid
(022-794-9781) Informasi:
H.Q.Rif¡¦at Syahid (0815-715-5776) H. Muhammad Hadid
Subki (0852-2040-2127). Setiap Ahad pagi, jam 08:00
s/d 10:30:

ZAWIYAH BANDUNG KOTA
Insidentil Setiap Bulan sekali Jl. Cimanuk No. 37,
Bandung
Informasi: Hadid Subki 0852-2040 2127, Telp.022-727
4913

J A W A - T E N G A H

S E M A R A N G:
Zawiyah Al Mubarokah, Dukuh Sandan, Desa Waru
Mranggen, Semarang Informasi: Riza Alamsyah , [EMAIL PROTECTED] Contact Riza
Alamsyah 081325632124 Soetoro 08122504779, Ajib Susanto 0818455527 Munir
08164247573, Arif Rahman 085225087435 Pusatindo Komputer, Jl. Imam Bonjol no.74
024-3540609

ZAWIYAH NAQSYBANDI SEMARANG
Jl.Sawi 16A, Pasar Kambing Semarang  Kontak Syaikh
Joko Tri Abdul Haq HP. 0811 279 108

PEKALONGAN:
PESANTREN AT-TAWFIQI, WONOPRINGGO Ki Taufiqurrahman
Pesantren At-Taufiqy, Wonopringgo) Informasi Syaikh
Nurcholis HP. 0815 4801 9453

ZAWIYAH NAQSYBANDI KEBONTENGAH - PEKALONGAN
Informasi Muhlishin 081548092838

ZAWIYAH NAQSYBANDI PANDANARUM - PEKALONGAN Mutawali 081575359228 JAWA TIMUR

SURABAYA - SIDOARJO

ZAWIYAH PONDOK JAMU Zawiyah "Pondok Jamu" Desa Wage
Kecamatan Sepanjang Sidoarjo Kontak Person Syeikh
Sugeng Mulyono (031) 70450444 HP. 081331666766 Tempat
dan jadwal zikir : Kamis Malam, Ba'da Isya

ZAWIYAH NAQSYBANDI TRANSITO SURABAYA
Komplek Transmigrasi Margorejo Surabaya Hatta
Abd.Hakim 0818571807
Sentot Punjangpunjung 081330130897 Sugeng Mulyono
081331666766
Wisma Transito, Jl Margorejo 74, Surabaya Setiap
Jum'at malam, ba'da Isya
Bp.Sentot (031-788-2476) 081330130897

ZAWIYAH KAMPUS ITS SURABAYA
Bp. Son Kuswandi HP. 0813 3193 2011 Bp. Hatta HP. 0818
8571807
Bp. Darmaji HP. 0813 3152 2154

M A L A N G :
Bp. Medy, HP. 08155 3038 210 Bp. Hadi, HP. 0811 360
620

LUMAJANG - JEMBER - BONDOWOSO
ZAWIYAH NAQSYBANDI JEMBER
jl. Sawo II No.4, Patrang, Jember Setiap Kamis Malam,
Bada Isya
Kontak Person : Ibu Irmulandari, Telp 0331-485681. HP
0812 4982 163

ZAWIYAH NAQSYBANDI LUMAJANG
Jl. KH. Ghozali X/9 Citradewangsan, Lumajang Informasi Abd.Rosyid Murodi
081336528874

ZAWIYAH NAQSYBANDI BONDOWOSO
Pondok Pesantren Al-Falah, Kajar, Bondowoso Informasi
Ibu Makkiyah 081933307903

ZAWIYAH TUBAN KOTA - JAWA TIMUR
Perum Siwalan permai praja no 3. Telp. 0356 320193,
0356 329886 (Made)
HP. Made 081331213660 . Ali Shodiq 0356 611660 .
Jadwal Zikir Malam senin dan Malam Jum,at ba'da isya
di Mantingan Senori. Malam Jum'at di Jl. Teuku Umar 9A
Belakang depot Barokah. Desa Mantingan - Senori Tuban

ZAWIYAH NAQSYBANDI DEMEN - NGANDHEL
Ngantingan-Senori, Jojogan, Tuban Masjid Demen Ngandel Naqsyabandi, Dusun
Ngantingan  Desa Banjarworo, Kecamatan Bangilan TUBAN, Bp. Munzaki HP
081335636418, Tiap Senin Malam dan Kamis Malam Bada Isya.

B A L I K P A P A N :
Perumahan Bumi Rengganis Blok 5A No. 110 Balikpapan
Kontak Person Hidayat HP. 0815-20300505

S I N G A P O R E :
Zawiyah Syaikh Zakaria, Singapore TAMPINES ST 34 BLOK
362 #05-379
Syaikh Zakaria Hp 98364094.

M A L A Y S I A
Pusat Zikir Naqshbandi di Malaysia dan nombor telefon
untuk dihubungi:
Kuala Lumpur - Saudara Ahmad Nazim (012) 913-8449
(English speaking) dan Bro. Mus (012) 382-9050 (Bahasa
Melayu). Alor Setar, Kedah - Saudara Rosli (012)
419-4265. Kota Bharu, Kelantan - Saudara Ku Din (019)
966-3993 Alamat Dergah Pulau Pinang : No 24, Cangkat
Minden Jalan 16, Minden Height, 11700 Pulau Pinang
(Hubungi saudara Isa: 016-4703441)

B R U N E I
Kampung Tanah Jambu, Brunei Muara Syaikh H. Muhammad
Kamal Syahrum
673 4237 132, 673 8147 456

A U S T R A L I A
Perth Dzikir: 66A Ashburton Street, Bentley, Western
Australia 6102 Perth, Australia. Arslan Telephone:
+61894583336 , Arslan Mobile: +61418947149 Leyla:
+61439647140 Email: [EMAIL PROTECTED]

Sydney Address: 2/37-41 Boronia Road, Greenacre 2190,
NSW, Sydney, Australia. Phone: +61297080001 Mobile:
0425227237 Hatem Shalak: +61409048014 ,
Ashaari:+61422213084 Email:[EMAIL PROTECTED]

MelbourneAddress: 13 Herbert St,Broadmeadows 3047
Melbourne (VIC) Hazem Omran Phone : +6139390-5127
Mobile: +61423023126 Email: [EMAIL PROTECTED]

ADDRESS & SCHEDULE DZIKIR NAQSHBANDI HAQQANI ALL
AROUND THE WORLD PLEASE ACCESS www.mevlanasufi.blogspot.com