Saling Setia

By: M. Agus Syafii

Tali yang mengikat kuat hubungan suami isteri dalam suka dan duka adalah
kesetiaan. Ukuran kesetiaan yang tertinggi adalah tidak melakukan perzinaan,
atau hubungan seks dengan orang yang bukan suami atau isterinya, hubungan seks
diluar pernikahan.  Hubungan seks antara calon suami dan calon isteri  dengan
dalih apapun, merupakan bentuk perbuatan ketidak setiaan kepada norma, yaitu
berhubungan seks di luar pernikahan. Ketika nanti di tengah krisis rumah tangga
terjadi perdebatan tentang kesetiaan, maka pengalaman pra nikah itulah yang
akan menjadi alat untuk saling menuduh,; lha dulu situ belum nikah juga sudah
mau saya gituin, apa bedanya sekarang, kata suami. Isterinya menjawab. Dasar
laki bejat, dulu saya yang di rayu-rayu, sekarang setelah bosan dengan saya,
perempuan-perempuan lain yang dirayu-rayu.

Disinilah pentingnya menjaga kesucian pergaulan sebelum menikah. Agama tidak
mengekang kaku, Rasulullah mengingatkan bahwa Jika melihat wajah dan kedua
tangan seorang wanita membuatmu lebih terdorong untuk menikahinya, maka
lakukanlah. Jadi Rasulullah membatasi melihat wajah dan kedua belah tangan
karena dari kedua anggota badan itu , dengan menggunakan mata kepala dan mata
hati sudah dapat dilihat karakteristik seseorang. Jadi, menjaga kesetiaan sudah
dilakukan dari awal perkenalan dengan cara yang benar sesuai dengan tuntunan
agama agar mampu mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah dengan saling
setia dan menjaga kesetiaan

Wassalam,
M. Agus Syafii
--
Sahabatku yang "single" ingin segera menikah. Yuk, menjemput jodoh di medan
perjuangan dengan hadir, berdoa bersama & bersilaturahim, pada kegiatan