Dear Dokter Indonesia,

Nama saya Abdul, Saya seorang laki2 berusia 26 tahun,
sekitar 2-3 minggu lalu, ketika saya sedang buang air kecil, tepatnya
setelah air kencing habis, kemudian keluar cairan berwarna merah,
kemudian di sekitar alat kelamin saya, ada gumpalan darah kecil2.
hal itu saya alami selama hampir seminggu, sekarang ini sudah tidak terjadi
lagi.
Setelah itu dan sampai sekarang  saya minum air putih banyak2 setiap harinya
(sedikitnya 8 gelas ukuran sedang setiap hari, kadang lebih),
saya minumnya per jam 3 gelas, tetapi efeknya setelah saya minum 3 gelas
air, biasanya setelah itu saya lsng mau buang air kecil.

Pertanyaan saya :
1. Apakah gejala ini adalah gejala kencing darah (hematuria) ?
2. Darah yang menggumpal itu muncul karena apa?
3. Apakah itu berarti saya mengalami kegagalan ginjal?
4. Apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya? ke dokter spesialia apa
saya harus pergi?
6. Posisi saya sekarang sedang di tempat kerja yang jauh dari kota (Rumah
sakit), apabila nantinya saya mengalami hal ini kembali ketika saya sedang
di lapangan,
apa yang bisa saya lakukan untuk mengurangi dan mencegah hal ini terjadi
lagi? maksud saya biar tidak ada lagi darah keluar setelah kencing.
5. Saya termasuk sering melakukan Onani, frekuensinya sekitar 2-4 kali
perminggu, apakah ini yang menyebabkan hal tersebut?
note: kebiasaan onani sudah saya lakukan sejak saya kuliah 5 thn yang lalu.

Sekian pertanyaan saya, saya berharap pencerahannya.
Sebelumnya terima kasih banyak atas penjelasan dan informasinya

Dapatkan informasi kesehatan gratis
Mailing List Dokter Indonesia
http://www.mldi.or.id

<*> Your email settings: