  From: imcw
  To: dokter_umum@yahoogroups.com
  Sent: Wednesday, January 10, 2007 10:57 AM
  Subject: Re: [Dokter Umum] HB drop

  imho,

  1. makan makanan yang banyak mengandung zat besi, minum obat yang
  mengandung zat besi dan folat...tetapi untuk anemia berat seperti yang
  dialami bapak anda, tidak akan banyak membantu...
  2,3. kudu dicari penyebabnya pak...kalo penyebabnya udah ketahuan,
  trus diobati malah nggak diperlukan transfusi darah lagi...bone marrow
  study [pemeriksaan sumsum tulang] merupakan salah satu upaya untuk
  mencari penyebab tadi...
  --
  dr. i made cock wirawan

  QC ENG quotes,

  QE> Yang ingin saya tanyakan:
  QE> 1.. Adakah terapi baik dari makanan atau obat yang dapat
  QE> memperbaiki fungsi produksi darah dalam tubuh itu sendiri?
  QE> 2.. Apa yang harus dilakukan untuk memperpanjang usia darah
  QE> sehingga transfusi bisa dilakukan 6 bulan sekali atau lebih?
  QE> 3.. Perlukah dilakukan tes sum-sum tulang belakang untuk
  QE> memastikan penyebab HB yang sering drop? Apa efeknya jika hal
  QE> ini dilakukan?

  -end quotes-
  Demi Keselamatan Berkendara Jangan Lupa Gunakan Safety Belt