  From: krist wibowo
  To: dokter_umum@yahoogroups.com
  Sent: Friday, January 19, 2007 2:30 PM
  Subject: Re: [Dokter Umum] tingkatkan HB

  Kalo mau HB meningkat ya harus periksa Laboratorium dulu, darah lengkap,
lebih baik bila hapusan darah tepi juga dikerjakan, sehingga bisa ketahuan
morfologi Erytrosit (Sel darah merah)nya. Misalnya Mikrositik Hipokromik
berarti ini adalh Anemia Defisiensi Fe (Zat Besi), atau atau tipeny
Megaloblastik, berarti kekurangan B12, As Folat etc.
  FYI
  Anemia bisa terjadi karena bbrp hal :
  1. Bleeding Loss (perdarahan) baik yang akut (melahirkan, Menometrorrhagi
(mens yg lama dan banyak), kecelakaan etc) maupun yang kronis (mis Kecacingan
tambang- Ankylostomiasis Duodenale). Biasanya perdarahan kronis akan
mengakibatkan Hb yang sangat rendah (pasien saya pernah punya Hb 4, dan masih
bisa jalan2). Nah pada kasus spt ini terapinya adalh transfusi bila Hb kurang
dari 7 gr%, dan pemberian obat2 penambah darah yg mengandung Zat besi (byk
beredar di pasaran). Pada kasus krn kecacingan, terapi thd kecacingan harus
dilakukan.
  2. Inadequate Production (Produksi yg tidak sempurna) shg juml;ah eritrosit
yang dihasilkan oleh Bone Marrow (Sumsum Tulang) tidak memadai. Misalnya pada
kasus Leukemia dimana Sumsum tulang cenderuing memproduksi Sel darah Putih
saja, sehingga sel darah merah produksinya tertekan....hasilnya ANEMIA. Pada
kasus spt ini terapi lebih sulit, karena harus betul2 dicari mengapa produksi
Eritrositnya terganggu. Mungkin ada pemeriksaan Bone Marrow Aspiration (hapusan
sumsum tulang) utk kepastiannya.
  3. Umur Eritrosit lebih pendek dari normal, secara normal Eritrosit berumur
120 hari, tiap kondisi yang menyebabkan umur Eritrosit lebih pendek dari 120
hari akan menyebabkan Anemia. Hal ini bisa ditemui pada penyakit Thallasemia,
Sickle Cell Anemia, Kasus gagal ginjal etc.

  Jadi apa yang harus dilakukan biar HB meningkat pada kasus anemia??
  Jawabnya : HARUS DIKETAHUI DULU PENYEBABNYA...baru ditentukan terapinya

  semoga jawaban saya berguna

  Salam hangat

  Dr. Kristianto Budi Wibowo

Kirim email ke