Sedikit menambahkan,
Mengingat kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bapak, kemungkinan
banyak terjadi penumpukan lemak disepanjang aliran pembuluh darah,
sehingga tertekannya anggota badan karena tertindih bantal atau badan
akan mengurang suplai darah ke bagian perifer. Karena kekurangan
oksigen, sel2 di bagian perifer ini menjerit dan membunyikan alarm
berupa rasa kesemutan. Ini sebagai peringatan kepada bapak untuk
mengubah posisi.
Mengapa baru terasa 2 bulan terakhir ini? Ini menjadi perhatian bagi
bapak, bahwa penumpukan lemak tersebut makin lama makin tebal dan sudah
melewati ambang batas. Juga karena pengaruh usia sehingga elastisitas
pembuluh darah makin berkurang.
Kalau rasa kesemutannya menetap, tidak hanya bila sedang tertindih saja,
(diabetik neuropaty sudah disingkirkan, karena bapak mempunyai kadar
gula darah normal), kemungkinan ada penumpukan lemak juga di pembuluh
darah dalam otak. Ini berarti tanda2 awal stroke. Bukan untuk
menakut-nakuti lho Pak.
Saran Saya, bapak mesti mulai olah raga disesuaikan dengan hobi dan usia
(Berapa Usia Bapak?), mengurangi berat badan bila obesitas (Berapa BB?),
diet rendah lemak, dan konsultasi dengan dokter untuk pemakaian obat2an
penurun kadar lemak. Terima kasih.

Salam,
Arif