Dear Dokter,Saya wanita sudah menikah selama 4 tahun, berdasarkan kesepakatan
dengan suami kami merencanakan menunda hamil dahulu dengan menggunakan pil KB.
Namun pemakaian pil kb tsb saya hentikan setelah saya minum selama 2 bulan.
Saya ingin menanyakan apakah benar pemakaian pil KB untuk wanita yang belum
pernah hamil akan menyebabkan wanita tsb susah memiliki anak? sebab sampai saat
ini saya belum juga hamil, saya pernah baca bahwa pemakaian pil kb sebelum
hamil akan membentuk senyawa antibodi antisperma di tubuh wanita, sehingga
sperma akan susah untuk membuahi sel telur, apakah benar hal tersebut dokter?
terapi apa yang sebaiknya saya lakukan agar saya bisa hamil? saya sudah ke
spesialis obgyn, dan diberi resep vitamin E 400IU dan klomifen sitrat
50mg.Terim kasih atas jawabannya.