Dear pak James,
Sewaktu anak saya umur 1 bulan juga begitu pak, pernah dari jam 8 malam sampai
jam 4 subuh menangis terus. Sampai cek mengapa dia menangis mulai ganti
popoknya, ganti bajunya agar selalu tetap kering, kayakminyak telon diperutnya,
sampai saya bacakan ayat kursi dan ayat-ayat pendek lainnya. Tetap aja menangis
sampai subuh.
Setelah umur 2 bulan kehidupan bayi sudah teratur dan jam kegiatannya tidak
kebalik dalam artian malam tidur pulas dan siang bercanda terus.
Bayi di bawah 2 bulan masih beradaptasi terhadap suhu di luar kandungan.
Saya rasa itu merupakan hal yang wajar pak James dan tidak berpengaruh terhadap
perkembangannya.
Baru setelah 2 bulan ketika anak anda mengajak becanda, ibunya harus merespon
hal ini untuk merangsang dan melatih motorik halus dan motorik kasar anak agar
dia lebih percaya diri, lebih cepat bicara dan berjalan.
Sebagai sumai jika istri tidak masak karena untuk merangsang dan melatih
motorik halus dan motorik kasar anak harap maklum jangan uring-uringan. Lebih
baik beli makan tuk berdua. Daripada anaknya nanti minder setelah dewasa nanti.
Begitu pak penjelasan dari saya dan itu merupakan pengalaman pribadi saya.
Don't worry be happy ya pak James.

Best Regards,

Bayu Mardhika Atmadi