--- In dokter_umum@yahoogroups.com, "teffi_ajah" <teffi_a...@...> wrote:

> dok saya mw nanya apa hubungan nya hepatitis dengan GPT..umur saya skrg 19
> tahun..hasil pemeriksaan GPT yg trakhir saya 14

Jawab
Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis.
Salah satu tanda dari penyakit Hepatitis adalah dengan peningkatan enzin hati
yang dikenal dengan SGOT dan SGPT. Nmun pemeriksaan SGOT dan SGPT ini, tidak
secara spesifik menunjukkan jenis virus Hepatitis mana yang meng-infeksi,
apakah itu virus Hepatitis A, Hepatitis B atau Hepatitis C. Oleh sebab itu
diperlukan serangkaian pemeriksaan lain, misalnya:
HBsAg, Anti Hbs dengan titer, Anti HBc, Ig-M Anti HBc, HBeAg, Anti Hbe dan Anti
HCv, Gamma GT dsb
Atau mungkin juga diperlukan pemeriksaan USG Abdomen yang salah satunya adalah
mellihat keadaan liver dengan gelombang ultrasonografi Tanda umum dari gejala
Hepatitis (penyakit kuning) adalah
Yang ditandai (secara fisik) mata dan kulit menjadi kuning dan disertai dengan
keluhan: mual, pusing bisa juga disertai dengan demam dan berubahnya warna
urine menjadi seperti air teh atau kecoklatan.
Dan diperlukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter umum atau spesialis
penyakit dalam.
Demikian informasi dari saya, terima-ksih dan semoga bermanfaat.

Catatan: Nilai Normal GPT untuk <22 U/l (male) dan < 17 U/l (female)

Kirim email ke