--- In dokter_umum@yahoogroups.com, "mimie.sakura" <mimie.sak...@...>
wrote:

> selamat pagi dok...
>
> Saya wanita usia 25 tahun aktivitas sehari-hari bekerja di kantor...
>
> Dan yang ingin saya tanyakan akhir-akhir ini perut kanan bawah saya
sering terasa sakit apalagi kalo kurang minum pasti besok paginya perut
> kanan bawah terasa kaku sampai kadang saya tidak sanggup berjalan.
>
> Menurut gejalanya kira-kira saya sakit apa ya dok? Apabila saya harus
check up saya harus medical apa aja?

> Saya sangat berharap balasan dari dokter dan terima kasih banyak dok
sebelumya.
>Jawab:
Sakit perut kanan bawah, tidak selalu identik dengan gejala usus buntu
(Appendisitis), Walaupun Salah satu dari gejala usus buntu adalah nyeri
perut kanan bawah, ditambah dengan adanya demam tinggi, mual dan muntah.
Apa bila, sdri ada gejala yang saya sebutkan di atas, ada baiknya
konsultasi kan ke dokter spesialis bedah atau dokter spesialis penyakit
dalam. Demikian pendapat saya, semoga bermanfaat.