Selamat malam pak/bu Wayan.

Saya mencoba membantu.

Di dalam otak, ada cairan. Fungsi cairan ini semacam peredam kejut untuk
otak (seperti shock breaker pada kendaraan bermotor) serta memberi makan
sel-sel otak.

NORMALnya, cairan ini diPRODUKSI dan dialirkan (DISTRIBUSI) secara SEIMBANG
dan terus-menerus.

Jika proses produksi terus berjalan sedangkan ada hambatan pada proses
distribusi, terjadi penumpukan cairan. Hal ini disebut hidrosefalus.
Pada anak yang tulang-tulang kepalanya belum menutup, dapat terjadi
pembesaran ukuran kepala seperti yang banyak kita lihat di tv.
Sedangkan pada anak dan orang dewasa yang tulang-tulang kepalanya sudah
menutup, tidak terjadi penambahan ukuran kepala, namun terjadi pendesakan
pada otak (penyet).

Terapinya (IDEAL) mencari dan mengHILANGKAN PENYEBAB gangguan aliran
tersebut. Contoh menghilangkan tumor otak. Namun ini BUTUH WAKTU, sedangkan
kerusakan pada otak bersifat ireversibel, jadi sedapat mungkin dilakukan
tindakan DARURAT untuk mengurangi efek timbunan cairan ini.

Pilihan nya mengurangi produksi cairan tersebut ATAU membuat jalur
distribusi alternatif.

Mengurangi produksi cairan dapat dilakukan dengan minum obat. Namun kembali
lagi, kita perhatikan fungsi cairan tersebut, dan kita bayangkan apa jadinya
jika kita gunakan jangka panjang.
Maka pilihan berikutnya yaitu membuat jalur distribusi alternatif dengan
tindakan VP shunt adalah tindakan yang sering dilakukan.
VP shunt adalah tindakan memasang selang kecil yang menghubungkan Ventrikel
(ruang di dalam otak) dan Peritoneal (ruang di dalam perut). Tujuannya untuk
mengalirkan cairan yang diproduksi di dalam otak ke dalam rongga perut. Di
dalam perut, cairan tersebut akan diserap secara alami.

Setelah bapak/ibu Wayan sekeluarga memutuskan pilihan mana yang akan
diambil, jangan lupa untuk mencari penyebab utamanya.

Semoga bermanfaat.

Salam,

dr. Henry Adrian

Dear all,