From: "Dr(Naturopathy). Ir. Donny Hosea MBA. PhD" <puyu...@indo.net.id>
Date: Wed, 07 Apr 2010 09:45:55
To: <dokter_umum@yahoogroups.com>
Subject: Re: [Dokter Umum] KAFEIN justru MENYEHATKAN

Hello,
Meleihat suatu produk tdk hanya mengacu pada satu kandungan tetapi pada
semua kandungan n reaksi yg terjadi ketika perut kita menyerap kandungan
tersebut.
Caffeine yg anda maksudkan, tdk tau apakah benar caffeine atau serupa
kopi tetapi bukan kopi.
Juga kandungan lainya dlm formulasi minuman tersebut.
Dlm keisengan saya menelusuri bebrapa hal, saya juga sampai pada
keisengan utk membeli berbagai kopi yg dijual dg berbagai merek, baik
dlm sachet maupun komposisi dlmberabagi formula tadi.
Mencenangkan memang karena belakangan ini aspartame, n berbagai pemanis
buatan sdh ikutan dlm komposisi yg diunggulkan, tetapi kopinya sendiri,
terasa jauh lebih banyak jagung dibanding kopi itu sendiri.
Nah bila anda pernah mencicipi kopi yg paling mahal n standardized
productnya tinggi, walau terkesan kadang2 dlm event2 tertentu terjadi
pencampuran berbagai stock sisa dg nama baru, tetapi paling tdk masih
konsisten dlm pencampuran bahan2 yg memang kopi, n bukan kacanag kedele
atau jagung yg digunakannya.
Starbucks misalnya memeberikan coffee ya coffee kecuali product yg
memang dikatakanya, n kalau anda menggunkanya, terasa bahwa yg dijual
didlm bungkusan product2 lainya berasa jagungnya / kedelenya.

Nah balik pada persoalan anda, salah satau reaksi coffee adalah menaikan
jumlah asam lambung n gas, tetapi yg jauh lebih tinggi gasesnya adalah
jagung, jadi barangkali juga product anda yg digunakan adalah jagung
bukan coffee.
Akan tetapi bila seiring dg reaksi tubuh anda memberikan reaksi gases,
maka kalau anda sdh melakukan berbagai test utk kendala tersebut n
hasilnya tetap saja sama, berarti sebaiknya anda dengarkan keluhan tubuh
tersebut n hentikan pemakaian kopi tersebut, sementara bila sebelum ini
anda bisa menikmati kopi dg hasil yg baik n baru2 saja, maka kemungkinan
reaksinya adalah seperti yg saya bahas diatas.
Jadi keunikan hanya bisa dideteksi oleh ybs sendiri, kalau anda gunakan
sesatu product n mendapatkan reaksi tubuh tertentu, maka hentikan
pemakaianya.

Teh n guarana mengandung caffeine likely yg sebenarnya berbeda dg kopi
baik dlm jenis maupuin kandungan lainya.
Sementara teh sendiri juga menjadi product yg berbeda dlm hal proses:
Teh hijau yg langsung dari daun hijau yg dikeringkan, teh hitam yg
mengalami proses vermentasi daun sebelum dikeringkan n Olong yg
merupakan special blend antara hijau n hitam dg masing2 brand menentukan
rasa n kandungan nya sendiri2.
Disamping itu daerah temapat pohonya tumbuh juga akan mempengaruhi
kandungan bahan2 yg ada pada daunya.

Oleh karena manusia itu unique, maka, reaksi nya terhadap teh hijau,
(masih terkait dg lokasi tumbuh n cara penyajianya), teh hitam mau pun
olong sangat berlainan.
Oleh karena itu sangat sukar menjabarkan kandungan masing2 teh dlm
derajad caffeine atau caffeine likely nya, karena jumlah kandungannya
akan tergantung jenis dilution atau cara penyajianya serta jenis teh n
campuranya.

Balik pada persoalan manfaat kopi, ada banyak hal yg terjadi dg
kandungan kopi yg benar2 kopi, ada unsur penyerapan zat besi, ada unsur,
pemicu adrenalin, ada unsur pemicuan hormonal, dlsbnya, jadi karena
keunikan maisng2 tubuh, sebaiknya membaca kendala atau reaksi masing2
tubuh terhadap masing2 jensi kopi.
Saya misalnya kalau ndak bisa tidur, maka saya ngopi dulu, lalu tdk
melakukan kegiatan, hanya rileks n baring, n setelah reaksi pemicuan
energy terjadi, maka akan muncul penurunan kesadaran, yg saya manfaatkan
bersamaan dg muali tidur, sehingga hasilnya bukanya segar, malah tidur
dg nyenyaknya.

Jadi kembali pada anda, bila reaksinya demikian, ya hendtikan, n bukanya
mesti sehingga anda harus menggantikanya dg teh, karena teh juga
memiliki reaksi tubuh yg berbeda lagi terhadap kandungan nya.

Sallam,

--

   "Absolutely Drug less Health Care solution Organization"

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: