Halo Mbak Santi

Idealnya masa menyusui memang sampai 2 tahun sudah cukup. Kalau
berkepanjangan, sang anak bisa jadi manja dan tanpa sadar minta ASI sama
ibunya (pernah dengar cerita waktu sang ibu lagi ngobrol sama tetangga sang
anak malah datang dan merengek sampai memukul-mukul dada ibunya, kan jadi
momen yang memalukan). Lagipula, kandungan gizi pada ASI juga sudah jauh
berkurang. Jadi sebaiknya mulai berhenti, bu. Kalau dengar dari cerita Mbak,
kelihatannya Mbak bukan menyusui langsung tapi dengan dipompa dan pemberian
melalui botol. Bila memang demikian, mungkin bisa dicoba strategi dengan
memberi susu formula namun botol susunya tetap sama seperti pemberian ASI.
Bila sang anak betanya, ada baiknya kita menjelaskan bahwa ASI-nya cukup
sampai 2 tahun saja, seterusnya lanjut dengan susu formula dan mekanan
pendamping lain agar tumbuh kembangnya optimal (tentunya menjelaskannya
dengan sesederhana mungkin J)

Best Regards,

Astrawinata G