Awal Pencerahan

Pencerahan berfikir pada setiap orang tentunya berbeda. Ada yang
sehabis membaca buku, ada yang dengan diskusi atau ada sehabis
pulang ikut kursus. Demikian halnya dengan saya, pencerahan bisa
saya dapatkan dimana-mana, membaca buku, ngobrol dengan istri bahkan
bertemu dengan pengamen dijalanan sekalipun. Tapi awal sekali
pencerahan dalam hidup saya terjadi justru satu peristiwa dengan
bapak.

Saya ingat waktu itu hari raya idul adha, sehabis pulang sekolah
saya menceritakannya pada bapak bahwa di depan Kodim (Komandan
Distrik Militer) Tulung Agung sedang dibagikan daging korban. Saya
bertanya pada bapak, apakah boleh saya ikut mengantri untuk
mendapatkan daging korban itu. Bapak saya mengatakan, "kita boleh
miskin tapi jiwa kita kaya." Setelah itu bapak mengajak saya pergi
ke pasar membeli daging kambing. Hari itu kami sekeluarga sedang
berpesta dengan menyantap daging kambing yang baru kami beli. Itulah
awal pencerahan dalam hidup saya. Bagaimana awal pencerahan hidup
anda?

Wassalam,
Agussyafii
http://agussyafii.blogspot.com