18 tahun yg lalu ketika saya akan pilih jurusan Fisika, Ortu mengkritik saya
dengan mengatakan bakal susah cari kerja....
Akhirnya saya masuk ke salah satu jurusan Teknik yg tergolong Favorit di ITB....
Dengan harapan setelah lulus mudah cari kerja.... dan cepat kaya....

Apa yg terjadi ? Ternyata yang namanya di Indonesia itu semuanya BOHONG
BESAR.......

Cepat Kaya? Boro-boro yang namanya karyawan alias buruh yaa mana ada yang
kaya.....
Kerja sih emang gampang dapet, tapi coba kita lihat pekerjaan apa saja yg ada
untuk lulusan teknik itu...

Berikut ini sedikit gambaran apa pekerjaan yg akan dilakukan oleh para tukang
insinyur atawa sekarang ST lulusan Sarjana Teknik di Indonesia.....

Saya sudah keliling ke perusahaan Multinational, seperti Siemens, Philips, Fox
Boro dll.
Saya juga sudah keluar masuk ke sejumlah BUMN, semacam PLN, Perumka, IPTN,
Telkom.
Saya juga sudah mondar-mandir ke beberapa departemen seperti Hankam,
DepKominfo, DepHub.
(Perusahaan/Lembaga di Atas adalah partner kerja atau Customer)

Lapangan kerja yang ada, dari manapun jurusan anda, Lowongan kerja yang
tersedia adalah :
1. Instalasi : Masang-masangin alat-alat cangih yg dibikin Orang Asing.
2. Maintenace : Ngerawat mesin yg dibeli dari luar supaya produksi nga mandek
3. Marketing : Jualan Alat-alatnya cangih yg dibikin Orang Asing.
4. Birokrat : Yah terjemahkan sendiri lah

Jadi yang di perlukan cuman sedikit logika, plus matematika dasar : tambah,
kurang, kali bagi, thok.... Boro-boro Kalkulus, geometri dan Aljabar SMP aja
nga pernah nemu........

Ada memang Pekerjaan-pekerjaan yg sesuai dengan Elmu-Elmu yg diperjuangkan di
Bangku Kuliah, tapi yg itu jumlahnya mungkin tak lebih dari 10% Lapangan kerja
yang ada........

So, dengan kondisi Lapanagan kerja seperti diatas, Jurusan tidak pengaruh yang
penting IP harus diatas 3. kalo IP dibawah 3 dijamin Dokumen Lamaran Kerja anda
nga akan di lihat sama-sekali.... kecali semua yg daftar kebetulan IP nya
jelek2.

Setelah hampir 20 tahun berlalu, saya betul-betul menyesal,
Menyesaaal....hiks.... hiks....hiks.... karena pada dasarnya saya mencintai
Science, terutama Fisika.....
Apa yg telah saya lakukan adalah seperti seorang pelukis yg tergoda untuk
menjadi penyanyi....... Saya menyesali telah mengabaikan kata hati nurani saya
sendiri.... membohongi jiwa saya sendiri,  saya menyesali telah mengabaikan
Bakat anugerah dari yg Maha Kuasa.......

Apalagi ternyata Peluang untuk mendapat Bea siswa Ilmu science murni itu jauh
lebih terbuka..... mungkin 5 kali lebih banyak dibanding ilmu teknik...
Mengapa peluang bea siswa ilmu science murni lebih banyak dibanding ilmu
teknik? Ya logis saja sebab di luar negeri ternyata kekurangan personel science
yg berkualitas........ sok lah tanyain tuh ama bapak-bapak yg sekarang lagi di
luar negari sana.....

Di usia saya yg hampir menyentuh kepala Empat ini saya sempat mikir-mikir ingin
kembali ke 'jalan yang benar'.
Mungkinkah di usia sekian ini saya mengambil S2 di Jurusan Fisika ?
Adakah perguruan tinggi TOP-10 di Indonesia yg menerima mahasiswa S2 Fisika,
tanpa melihat usianya?
Atau saya harus ke luar negeri ?
Atau yah sudah salah jalan...lupakan saja..........

Nah... Jadi buat Adek-adek, yg betul-betul mencintai Fisika.....ulangi yah.....
ini khusus bagi  "yang betul-betul mencintai Fisika"....yang jiwanya meamng
Fisika, yang dirinya merasa sebagai calon pengganti Einstein atau Hawking,....
gak usah ragu-ragu, jangan tergoda untuk belok-belok ke Ilmu Teknik....
Pilihlah Science Murni.  Teguhkanlah pendirian Anda..... Bea Siswa di Eropa
sudah menanti Anda.........

Salam

Ju5r
@mad.scientist.com

-> gagal jadi scientis akhirnya jadi mad scientist... :)