On Thu, 27 Apr 2006, taufan juliano wrote:

> Pada ranah partikel apakah hukum kekekalan massa berlaku harusnya
> tetap berlaku khan ???Soalnya saya pernah baca maaf klo salah P+P -->
> P + P + pion netral.maksudnya apa??? terus klo gak berlaku dari mana
> tambahan massa tersebut??

Ranah partikel BUKAN definisi yang tepat.  Yang tepat adalah
Relativistik.  Di kasus2 relativistik, kita tidak lagi bicara konservasi
massa, tapi konservasi energi-monemtum (four momentum).

Banyak teks-teks yang mendiskusikan relativitas mendefinisikan dua
definisi massa: `massa diam` dan `massa relativistik = gamma * massa
diam`.  Saya pribadi lebih suka SELALU mendefinisikan HANYA ADA SATU
MASSA, yang diukur di koordinat inertial object tersebut. Lebih sedikit
definisi untuk diingat.

>   BTw benar gak neutino ternyata bermassa,apa kabar dengan pentaquark
> klo gak salah tahun ini dipastikan bahwa entaquark memang ada ato
> nggak

Fakta eksperimen: Neutrino mengalami osilasi antara berbagai flavor yang
berbeda, dan osilasi neutrino hanya terjadi jika neutrino bermassa.
Data observasi dari kosmologi (struktur distribusi galaksi) juga
menunjukkan adanya massa neutrino.

Website ini saya kira SANGAT LEBIH DARI CUKUP untuk menjawab pertanyaan2
tentang neutrino

http://www.nu.to.infn.it/

Pentaquark masih 50-50. Ada eksperimen yang melaporkan melihat, ada yang
tidak.