hmmm,saya bukan ahli nya fisika lho...tapi saya pernah nonton di
antv, yang namanya klo gak salah seconds from disaster,pakar dari
entah mana ,ngatain klo tsunami itu gejalanya gak harus airnya surut
lho...klo ga salah,dia ngatain klo waktu yang tsunami aceh,di
beberapa negara ,airnya gak surut lho,langsung tsunami...tapi gak
tahu dech,mungkin aja saya yang salah ngerti mgkn...
ada pakar yang bisa nanggapin gak?

klo gak salah,kata pakarnya,yang tsunami aceh itu,gelombang yang
masuk kota itu terjadi dalam 3 lapisan,pertama ada air yang
datang,tapi kecepatannya lambat dikarenakan ada gesekan dengan
jalan,tetapi gelombang yang kedua dan ketiga,itu datangnnya cepat
kali lho,karena bergeraknya di atas lapisan air,jadi gesekannya jadi
kecil...
truz,dia juga mengatakan bahwa,sebenarnya tata ruang kota di aceh
juga menjadi faktor  dari ganasnya air tsb,airnya datang dari tempat
yang luas truz masuk ke kota dengan jalan yang lebih sempit,jadi
airnya yang lebih cepat dong...

CMIIW

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Yudhistira Cute
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hanya ingin memberi jawaban,,
> Tentang tsunami terjadinya kapan, itu sih belum ada yang bisa
memprediksi langsung. Tapi mungkin gejalanya dapat diamati, seperti
surutnya air laut secarta mendadak ataupun gempa berkekuatan >6,7
skala Richter di daerah perairan (laut). Dampaknya jelas banyak
merusak daerah pesisir pantai dan sekitarnya. Atau bahkan dapat
merusak kota, seperti bencana tsunami di Aceh 4 tahun silam, yang
bergantung pada besarnya keretakan dasar laut yang akan mempengaruhi
tingginya gelombang pasang hingga ke pesisir pantai. Manfaat sih,
mungkin akan didapat setelah Tsunami terjadi. Seperti, mengambil
hikmah yang lebih mendalam tentang makna kehidupan dan introspeksi
diri..Kalau dari teknis prediksi, mungkin sudah ada rancangannya oleh
para teknisi. kalau perhitungan..???Mungkin ada yang bisa bantu??

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: