Mbak Elsa,

Kalau gelombang, mestinya F dan G memiliki bentuk seperti ini :

F(x-ct) = A sin (x-ct), dengan A tinggi maksimum gelombang dan c kecepatan
rambat gelombang.

G(x+ct) mungkin gelombang pantulnya (misalnya setelah membentur pulau dsb).

Ada satu faktor yang mungkin perlu ditambahkan yaitu panjang gelombang-nya
(lambda). Juga, bisa dibuat lebih rumit dengan menambahkan waktu
terjadinya gempa penyebab tsunami (misalnya to).

Kalau bentuknya seperti di atas, maka solusi LSM adalah A, c, dan lambda
(dan juga to).

Bayangan saya, u adalah tinggi gelombang di sembarang tempat dan waktu,
yang didapatkan dari pengamatan lapangan (misalnya pakai pelampung atau
patok ketinggian air laut).

LL

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional