--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, "mwahyu_pratama"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Diskusi yang menarik pak.
>
> Terkait peryataan Hawking di
> http://www.physorg.com/news140161003.html
>
> khususnya pada kalimat :
> "I think it will be much more exciting if we don't find the Higgs.
> That will show something is wrong, and we need to think again. I
> have
> a bet of 100 dollars that we won't find the Higgs," added Hawking,
> whose books including "A Brief History of Time" have sought to
> popularise study of stellar physics.
>
> mungkin ada yang bisa menjelaskan bagaimana Stephen Hawking "kurang"
> [...]

Hawking bukan satu-satunya orang (atau fisikawan selebritis) yang
percaya bahwa Higgs itu tidak ada.  FYI, di kalangan fisikawan
partikel (baik teori maupun eksperimen), umumnya orang suda menerima
bahwa kepercayaan ada atau tidaknya partikel Higgs itu sudah mencapai
level 'fanatisme' atau 'religius'.

Namun (hampir) semua orang optimis bahwa pada skala energi di LHC,
_akan_ditemukan_ sesuatu.  Apakah sesuatu itu partikel Higgs atau
sesuatu yang lain, kita tidak tahu.

Latar Belakang: Pada mulanya, dalam teori fisika partikel,
partikel-partikel elementer yang merupakan bahan dasar penyusun materi
tidak memiliki massa (m = 0).  Penyebabnya ruwet, jadi saya hanya akan
bilang bahwa ada kendala (constraints)  dari aspek matematika maupun
aspek fisika.

Awal 1960-an, beberapa orang (Higgs, Hagen, Kibble, Brout, Englert)
mengajukan ide bagaimana partikel elementer bisa memiliki massa, namun
harga yang harus dibayar adalah munculnya partikel baru. Entah
bagaimana akhirnya nama Higgs yang nyangkut di partikel ini.

Runyamnya, ternyata ide ini bisa diwujudkan/dimanifestasikan dalam
berbagai bentuk: ada banyak cara bagaimana partikel baru ini bisa
muncul.  Namun, fisikawan sekarang sepakat bahwa HARUS ada suatu
ide/mekanisme/cara untuk menghasilkan massa bagi partikel-partikel
elementer penyusun materi.  Dari beberapa argumen sederhana yang
fundamental, kesimpulannya mengarah bahwa pada energi 1 TeV HARUS ada
sesuatu.  Dengan argumen inilah maka LHC dikonstruksi.

Makanya kalau ada orang yang tidak percaya adanya Higgs boson, wajar
saja.  Berarti orang itu berharap ada sesuatu yang BARU, sesuatu yang
TIDAK TERDUGA.  Saya juga pribadi lebih suka dengan skenario tsb.

Yep, menurut saya, mekanisme Higgs dalam bentuknya yang paling
sederhana (minimal) _tidak_cukup_kompleks/dinamis untuk menjelaskan
fenomena-fenomena yang ada.  Kita tahu dari eksperimen bahwa neutrino
memiliki massa, kita tahu di alam semesta ada materi gelap (dark
matter), ada energi gelap (dark energy), dan mekanisme Higgs minimal
tidak menjelaskan hal itu.  Kepercayaan saya adalah mekanisme Higgs
yang minimal hanya merupakan manifestasi/perwujudan dari SESUATU
dibelakang Higgs, SESUATU yang lebih kompleks/dinamis. Saya lebih
tertarik pada SESUATU tersebut dibandingkan Higgs.

Kalau ingin tahu deskripsi sederhana tentang Higgs, saya suka sekali
penjelasan dari kartun ini (dalam bahasa Inggris).

http://www.hep.ucl.ac.uk/~djm/higgsa.html
http://www.hep.ucl.ac.uk/~djm/higgs/higgs1.gif
http://www.hep.ucl.ac.uk/~djm/higgs/higgs2.gif
http://www.hep.ucl.ac.uk/~djm/higgs/higgs3.gif
http://www.hep.ucl.ac.uk/~djm/higgs/higgs4.gif
http://www.hep.ucl.ac.uk/~djm/higgs/higgs5.gif

atau

http://www.coimbra.lip.pt/atlas/higgsmec.htm

> P Haryo, apabila tidak terjadi kebocoran?kira-2 akankan LHC juga akan
> di shutdown disaat listrik naik?

Sekali lagi, listrik naik itu hanya pada periode Desember-Februari.
Musim dingin di Eropa.  Konsumsi/permintaan listrik (untuk penghangat
rumah) naik dan dengan sendirinya harga naik.  Ini bukan hal yang
aneh.  Tahun 1991-2000, CERN menjalankan akselerator bernama LEP (yang
berada dalam terowongan yang sama dengan LHC sekarang), dan waktu itu
mereka juga berhenti menjalankan akselerator pada bulan Desember-Februari.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: