Singkat saja yaa,
Pada dasarnya* trafo biasa (engkel)* akan menghasilkan tegangan keluaran di
*dua* *titik* yaitu pada ujung-ujung kumparan sekundernya. Bila salah satu
titik diambil sebagai acuan, maka tegangan titik lainnya thd titik acuan
tersebut berupa getaran sinusoida 1 fasa.

Pada* trafo centre tap* tegangan keluaran dihasilkan pada *tiga* *titik*,
yaitu *dua* ujung kumparan sekunder dan *satu* titik di tengah-tengah
kumparan sekunder tersebut. Biasanya titik tengah tersebut dijadikan acuan.
Tegangan kedua titik yang lain terhadap titik acuan adalah getaran sinusioda
juga, akan tetapi fase keduanya saling berlawanan 180 derajat. Tegangan
antara kedua titik ujung trafo adalah dua kali besarnya tegangan titik ujung
terhadap titik acuan.

Ilustrasinya dapat dilihat pada lampiran., semoga membantu.

YangMencobaMenjelaskanDenganSesingkatSingkatnya
-eka-