Halo Bung Eka,

perkenankan saya juga kembali klarifikasi. Bung Eka, saya tidak ingin terjebak
dalam debat retoris keagamaan. Saya sendiri orang yang ber-Tuhan dan percaya
pada Tuhan, tetapi saya tidak ingin membawa-bawa nama Tuhan (apalagi
mengatasnamakan Tuhan) jika sedang dalam konteks diskusi sains ilmiah. Sekali
lagi saya mohon agar anda tidak begitu saja main sindir orang-orang seperti
saya yang terkesan ingin anda jabarkan sebagai orang yang arogan, picik, sampai
tidak berhati bening.

Anda ingat dulu akan seorang rekan kita yang bernama 'Karno G'? Dalam
berargumentasi ilmiah dia selalu membawa-bawa Tuhan, dan seakan-akan setiap
orang yang tidak sependapat dengannya langsung divonis tak ber-Tuhan dan segala
macam hal yang tidak pantas saya sebut disini. Terus terang, Bung Eka sekarang
sudah menggunakan taktik yang serupa dengan rekan Karno, walaupun secara lebih
halus dibanding caranya yang blak-blakan.

Saya tidak ingin menyerang anda secara pribadi, bahkan saya sangat
berterima-kasih karena Bung Eka telah menjawab pertanyaan ilmiah saya
sebelumnya. Namun, pendapat saya tidak berubah bahwa diskusi ilmiah sebaiknya
menghindari membawa-bawa nama Tuhan (atau Allah atau apapun nama-Nya bergantung
kepercayaan masing-masing) untuk menyokong argumentasi ilmiah kita, karena itu
akan menjadi sangat bias dan menguntungkan golongan tertentu dan merugikan
golongan lain yang berbeda iman kepercayaan.

Bung Moderator yang budiman, terutama Bung Haryo, saya mohon anda sebagai wasit
yang adil disini memberikan pendapatnya. Mohon maaf jika ada perkataan saya
yang menyinggung.

Salam,
Frank

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Eka Subyantara <eka.subyant...@...>
wrote:

> Terima kasih Pak Frank atas kritikannya. dan mohon maaf bila bapak kurang
> senang dengan cara saya bertutur.
>
> Perkenankan saya mengklarifikasi.
>
> Dalam benak saya, ilmu dan agama adalah satu kesatuan yang sejalan dan tidak
> terpisahkan. Berilmu tanpa dasar agama ibarat orang buta yg akan tabrak sana
> tabrak sini tak terkendali. Sedangkan agama tanpa ilmu adalah kelumpuhan
> yang tidak mampu berkutik dihadapkan pada fakta alam yang begitu tersebar.
>
> Para hadirin, saya ikut dalam diskusi ini dengan asumsi bahwa kita semua
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: