Apakah sonic bisa membedakan lithology atau fluid.......?
Wah  ini baru menarik....
Saya pernah melakukan beberapa test di sini....ada beberapa kondisi dimana 
sonic bisa "membantu" untuk membedakan lithology atau fluid..( saya 
katakan membantu karena kita harus 
mempertimbangkan log lainnya )
Seperti kita ketahui bahwa sonic itu mengukur kecepatan gelombang yang 
melalui medium....nah banyak faktor yang mempengaruhi seperti 
hardness/kekompakan, lithology dsb...
(para geophysicst pasti bisa menerangkan lebih banyak ..)
Nah lalu kalau kita mau membedakan lithology maka hal ini hanya berlaku di 
daerah dimana kontras lithologynya jelas ( kalau di deltaic sepertinya 
susah karena shale dan sand hampir overlapping akustik 
impedancenya....tapi kalau organic shale / coal masih kelihatan bedanya 
dengan lithology lainnya...)
Begitu juga dengan fluid...kita baru bisa membedakan fluid kalau faktor 
yang lainnya bisa diabaikan atau kecil ( mis: kompaksi )...
jadi untuk uncompacted area (faktor kompaksi kecil ) sonic bisa membantu ( 
dengan res, dan log lain atau vp/vs dengan dipole mode) untuk deteksi 
fluid.....

Mungkin ada rekan yang punya pengalaman lain...?





[EMAIL PROTECTED]
03/06/2003 08:29 AM
Please respond to fogri

 
        To:     <[EMAIL PROTECTED]>
        cc:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        RE: [fogri] tanya mnemonic data log



Mas Kartiko, maksudnya apakah ada 'gunanya'? Karena salah satu fungsinya
utk deteksi pore pressure, seperti halnya sonic hasil wireline logging,
apakah bisa membedakan batupasir dan batulempung, yg berisi air, minyak,
atau gas?

Tentu saja LWD memang dipakai agar tahu hasil ngebor lebih cepat. Bahkan,
seringkali (utk menghemat doku) tidak perlu lagi bikin wireline logging.

Salam,
Syaiful



  
                    KARTIKO-SAMODRO Ferdinandus    
                    <Ferdinandus.KARTIKO-SAMODRO@       To: 
<[EMAIL PROTECTED]> 
                    total.com>                          cc:      
                                                        Subject:     RE: 
[fogri] tanya mnemonic data log 
                    06/03/03 07:10 AM   
                    Please respond to fogri   
  
  




Maksudnya belum mampu itu gimana Mas....?

Setahu saya kegunaan dari LWD Sonic lebih pada T-D  Conversion  dari
Seismic dan untuk deteksi pore pressure Real Time (untuk geologi).
Kalau Vertical Resolutionnya emang masih kalah dibanding WL tapi kan kita
dapat Real Time data untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat.
Kalau di turbidit kita biasanya kan melihat dari seismicnya cuma yang sand
gede gedenya saja.....nah entar kalau sudah didrilling dan dikuantifikasi
baru kita melihat lebih detail lagi...
nah untuk melihat lebih detail lagi baru kita run tool dengan vertical
resolution lebih bagus..





[EMAIL PROTECTED]
03/06/2003 07:50 AM
Please respond to fogri


        To:     <[EMAIL PROTECTED]>
        cc:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        RE: [fogri] tanya mnemonic data log



Wah, saya malahan belum menerima email yg dari mas Kartiko. Pak Nyoto (yg
sering jadi guru di Geoquest, he..he..), apakah LWD sonic Sperry Sun juga
seperti yg dimaksudkan oleh mas Kartiko, yaitu hanya bagus dipergunakan di
'hard formation'? Utk mas Kartiko, artinya: apakah LWD sonic tsb belum
mampu utk dimanfaatkan di endapan turbidit, yg biasanya perselingan
batupasir dan batulempung (plus batulanau dan lapisan2 tipis batugamping)?

Utk LWD (Anadril), beberapa (atau salah satu?) parameter drilling yaitu
ROP
pun diukur.

Salam,
Syaiful




                    nyoto Soenarwi
                    <nyoto_soenarwi@       To:     [EMAIL PROTECTED]

                    yahoo.com>             cc:
                                           Subject:     RE: [fogri] tanya
mnemonic data log
                    06/03/03 01:17
                    AM
                    Please respond
                    to fogri







Sperry Sun Halliburton juga udah punya LWD sonic yang sudah komersiil.

MWD itu singkatan Measurement While Drilling, yang di measure umumnya
drilling parameters, termasuk rop dll. Sedang LWD = Logging While Drilling
yang me-record log data (GR, RES, DEN, NEUT, PEF, SONIC, NMR dll).

Jadi bukannya MWD itu nama dulu dan LWD nama sekarang, bukan, itu memang
dari dulu merupakan dua hal yang berbeda sejak dari awalnya.

Saat sekarang MWD maupun LWD yang komersiil kalau tidak salah ada 3
kontraktor : Schlumberger Anadril (sekarang namanya udah ganti), Baker
Hughes dibawah payung bersama  Baker Atlas, dan Sperry-Sun dibawah payung
Halliburton Logging Services. Tapi yang punya LWD NMR kalau nggak salah
baru Schlumberger & Halliburton.

nyoto - abu dhabi


KARTIKO-SAMODRO Ferdinandus <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
udah ada Mas....

Anadril udah punya sonic LWD , bisa ngukur compresional dan shear tapi
cuma di hard formation...ini udah comersil lho
untuk dipole mode yang mengukur shear di slow formation sedang dalam taraf
uji coba.....ini belum komersil.....





[EMAIL PROTECTED]
02/06/2003 12:09 PM
Please respond to fogri


To:
cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [fogri] tanya mnemonic data log



Menambahkan sedikit:
Selain RESX (resistivity - shallow investigation), kemungkinan nama
lengkap
RESS adalah RESSH (resistivity - shallowest investigation) dan RESD adalah
RESDE (resistivity - deep investigation). Dalam kelompok ini, biasanya
juga
ada ATR (resistivity - deepest investigation), yg semuanya merupakan hasil
LWD (logging while drilling; dulu namanya MWD) keluaran Anadrill
(Schlumberger).

Sementara NEUT sebagaimana kata mas Bambang yg ngganteng, adalah neutron
(LWD).

Kalau gerombolan sonic (DTSM dkk) bisa diperkirakan hasil wireline
logging,
karena sepengetahuan saya, belum ada LWD yg bisa mengukur parameter ini
(yg
komersil lho).

Vcl, biasanya hasil olahan petropisik.

Semoga membantu dan salam,
Syaiful




Bambang Murti
m> cc:
Subject: RE: [fogri] tanya
mnemonic data log
06/02/03 09:17
AM
Please respond
to fogri






Herry,
File LAS (Log Ascii Standard), sesuai dengan namanya, dimaksudkan untuk
menyimpan log dalam format standard yang bisa dibaca oleh semua aplikasi.
Dalam format tersebut, nama-nama log bisa di create sendiri, biasanya sih
itu akan dijelaskan dalam bagian mnemonic.
Kalau melihat kasus-mu, besar kemungkinan si provider berusaha untuk
bersikap netral, dalam artian ndak memihak kesalah satu service company.
Untuk menjawab secara "tebak tepat" (best guessing) pertanyaanmu:
RESS kemungkinan resistivity shallow
RESX kemungkinan resistivity focussed atau mungkin juga micro focussed
RESD kemungkinan resistivity deep
VCL kemungkinan Volume Clay (Vsh)
DTR, DTSM, DTST dan DTM kemungkinan berasosiasi dengan pengukuran sonic
log
NEUT kemungkinan adalah Neutron Porosity.
Kalau service providernya aku ndak tahu, apalagi acquisition tool-nya.
Mudah-mudahan membantu.
Salam,
Bambang
-----Original Message-----
From: Herry Herman [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 31 Mei 2003 17:02
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [fogri] tanya mnemonic data log


Yth Bapak dan Ibu Anggota milis fogri..

Saya mendownload data log gratisan dari internet dengan ekstension LAS,
disana saya mendapatkan kode-kode
1. RESS
2. RESX
3. RESD
4. VCL
5. DTR
6. DTSM
7. DTST
8. DTM
9. NEUT

Saya sudah mencari ke web SPWLA untuk melihat daftar mnemonic
Schlumberger,
Halliburton, tetapi kok tidak ada yang cocok 100 % kodenya. yang saya
tanyakan kode-kode tersebut merupakan log apa? dan memakai alat apa?,
terima
kasih atas informasinya

Salam

Herry Herman



---------------------------------
Do you Yahoo!?
Free online calendar with sync to Outlook(TM).

---------------------------------------------------------------------
To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Visit FOGRI Website: http://fogri.or.id
FOGRI Archive: http://www.mail-archive.com/fogri%40iagi.or.id/
---------------------------------------------------------------------






---------------------------------------------------------------------
To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Visit FOGRI Website: http://fogri.or.id
FOGRI Archive: http://www.mail-archive.com/fogri%40iagi.or.id/
---------------------------------------------------------------------





---------------------------------------------------------------------
To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Visit FOGRI Website: http://fogri.or.id
FOGRI Archive: http://www.mail-archive.com/fogri%40iagi.or.id/
---------------------------------------------------------------------


---------------------------------
Do you Yahoo!?
Free online calendar with sync to Outlook(TM).




---------------------------------------------------------------------
To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Visit FOGRI Website: http://fogri.or.id
FOGRI Archive: http://www.mail-archive.com/fogri%40iagi.or.id/
---------------------------------------------------------------------





---------------------------------------------------------------------
To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Visit FOGRI Website: http://fogri.or.id
FOGRI Archive: http://www.mail-archive.com/fogri%40iagi.or.id/
---------------------------------------------------------------------






---------------------------------------------------------------------
To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Visit FOGRI Website: http://fogri.or.id
FOGRI Archive: http://www.mail-archive.com/fogri%40iagi.or.id/
---------------------------------------------------------------------





---------------------------------------------------------------------
To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED]
Visit FOGRI Website: http://fogri.or.id
FOGRI Archive: http://www.mail-archive.com/fogri%40iagi.or.id/
---------------------------------------------------------------------

Kirim email ke