Saya setuju dengan pendapat Pak Paulus Allo,

Pendapat saya di bawah ini berdasarkan komparasi dari
salah satu crew seismik survey daerah offshore yang
saya analisis untuk daerah kami di East Java offshore.
Demi untuk sharing ilmu, saya paparkan di bawah ini.
Bila ada yang kurang dan salah, mohon diperbaiki dan
dilengkapi.

Indikasi untuk High Res 2D Site Survey Seismic dengan
melihat dari penampang 2D seismik konvensional, yaitu
adanya :
1. Shallow gas fronts (zones)
2. Evidence of shallow gas (shallow faulting)
3. Fault extension and gas migration features (gas
anomaly)

Kemudian bila dikaitkan dengan Exploration and
Appraisal Sites Survey, untuk drilling hazards
objectives;
1. Shallow gas blow out
2. Abnormal geo-pressure
3. Loose circulation

Maka informasi yang dibutuhkan (dari data seismik 2D
sudah cukup) adalah;
1. Presence of Gas Pockets
2. Shallow and Intermediate Geological Setting &
Structures

Rekomendasi survey tools yang diperlukan untuk sites
survey ini adalah;
1. Ultra High Res Shallow Sub-bottom profiler
2. High Res 2D Seismic

Jadi cukup dengan High Res 2D Site Survey Seismic
namun dengan grid yang lebih rapat (infill survey).
Tidak perlu dengan High Res 3D Site Survey Seismic
untuk menghemat biaya dan hasil yang memadai.

Lebih jauh tentang desain survey dan processingnya,
akan dapat dijelaskan lebih detail oleh rekan-rekan
kita yang lebih ahli di bidang ini.

Salam buat semua.

TAM
yang sedang mempelajari High Res 2D Site Survey
Seismic untuk daerah East Java offshore

--- Paulus Tangke Allo <[EMAIL PROTECTED]>