duh .. saya baca kisa pak mahdesi iskandar cuman bisa ngurt dada..

saya ga tau kebijakan RS ybs.. tapi saya sendiri mengelola RS kecil di kota
kecil yah sedikit banyak saya tahu seluk beluk perumah sakitan, jadi saya komen
sedikit ya bapak2..

pertama masalah harga darah ya pak.. kalau menurut PMI sendiri , karena kami
sering rapat dengan pihak PMI , harga yang sekarang itu sudah minim banget dan
minta dinaikan karena biaya screening darah untuk penyakit2 yang menular
melalui darah butuh reagens dan bahan kimia yang semua harganya pada naik..
ada RS yang suka ngambil untung juga dari pembelian darah, jadi ya kalau mau
murah memang enaknya beli sendiri biar bapak tahu sendiri harga sebenarnya yang
sudah "minim" tsb..

kedua, jumlah labu trombosit yang 20 labu itu banyak sekali pak.. mungkin krn
komplikasi SLE jadi trombositnya rendah sekali. dari segi jumlah bpk ga
mempermasalahkan kan? krn memang dibutuhkan ya. Darah yang sudah diolah
misalnya PRC (isinya sel darah merah saja) atau TC (trombosit konsentrat) itu
harganya lebih mahal dari pada darah segar. karena prosesnya yang mungkin butuh
lebih banayak komponen tarip lg. jadi dg 20 labu, ya makan banyak biaya..

mengenai DP  mah ada RS yang harus ada juga yang engga, pak. RS saya termasuk
yang ga (mengharuskan)narik DP. Tapi kalau bapak ngasih DP, akan mudah buat RS
kalau mau melaksanakan pemeriksaan macem2 tanpa harus mengkonsultasikan biaya
dengan pasien. ada juga RS yang ga nuntut DP lalu setiap pemeriksaan atau
pembelian obat tertentu harus mengkonsultasikan dengan pasien. pasien ada yang
suka cara begini ada yang engga. dengan bayar DP pasien ga ribet ditanya mau ga
periksa ini itu dengan biaya segini, bisa setiap hari mungkin. Besaran DP
macem2... umumnya mereka minta 10 hari biaya tarif ruang rawat inap..
tergantung RSnya.

Kelas 1 memang serba mahal, pak. bukan hanya biaya ruangan saja, tapi hampir
semua komponen tarif bisa jadi lebih mahal dari kelas 3. kenapa bisa begini,
karena seperti halnya fasilitas ruangan, mungkin obat yang digunakan yang
"mercy" bukan yang "avanza" meskipun sama2 mobilnya. dsb2 sampai ada kebijakan
subsidi silang untuk pasien kelas 3 yang butuh subsidi.

Teruskan kritisnya pak..
kalau sakit lagi komunikasikan semua hal dg RS dan dokternya. jangan diem saja.
cariRS dan dokter yang komunikatif agar hubungan saling percaya bisa tercapai.

trims
HQQ