From: "wong_mojosari" <wong_mojos...@yahoo.co.uk>
Sender: Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com
Date: Fri, 21 May 2010 07:35:10
To: <Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com>
Subject: [Forum-Pembaca-KOMPAS] Dimanakah NK dan APBN Jaman Soekarno?

Dimanakah NK dan APBN jaman Soekarno berada?
Saya mencari dokumen negara NK dan APBN jaman Soekarno untuk melengkapi NK dan
APBN jaman orde baru sampai dengan sekarang.
Saya sudah mencari di kementerian keuangan dan beberapa instansi tapi belum
menemukannya. Saya sudah bertanya pula ke banyak pensiunan pejabat dan pejabat
aktif yang berkaitan dengan dokumen negara tersebut tapi hasilnya nihil.

Salah satu info yang beredar adalah dokumen tersebut ikut terbakar di arsip
nasional jaman G-30 S PKI. Tapi setidaknya ada sisa satu atau dua dokumen APBN
era orde lama.

Mengapa dokumen negara sepenting itu tidak terdokumentasi dengan baik?
Bukankah hanya dengan mengetahui sejarah APBN awal kemerdekaan akan didapat
model-model penganggaran yang sangat tepat.

Alangkah disayangkannya kalau kita harus belajar jauh jauh ke luar negeri, tapi
kita tidak pernah mempelajari ekonomi kita awal kemerdekaan secara detail.

Bisa jadi amburadulnya pendokumentasian dokumen anggaran negara yang tidak
becus menjadi salah satu kegagalan kita dalam membangun ekonomi negara kita
saat ini?

Apabila ada rekan yang berkenan berbagai info perihal dokumen tersebut, saya
ucapkan terima kasih.

Pojok Milis Komunitas Forum Pembaca KOMPAS [FPK] :

1.Milis Komunitas FPK dibuat dan diurus oleh pembaca setia KOMPAS

2.Topik bahasan disarankan bersumber dari http://cetak.kompas.com/ ,
http://kompas.com/ dan http://kompasiana.com/

3.Moderator berhak memuat,menolak dan mengedit E-mail sebelum diteruskan ke
anggota

4.Moderator E-mail: agus.hamonan...@gmail.com agushamonan...@yahoo.co.id

5.Untuk bergabung: forum-pembaca-kompas-subscr...@yahoogroups.com

KOMPAS LINTAS GENERASI