Secara prinsip tidak jauh berbeda, antara tinggi Bulan
yang diamati dari permukaan air laut dengan puncak
gunung. Ini disebut efek kerendahan ufuk (menurut
Sa'adoedin Djambek, 1972, Hisab Awal Bulan, Penerbit
Bulan Bintang Jakarta). Efek kerendahan nufuk
dinyatakan dalam rumusan K = 1,76 * sqrt (H) dalam
satuan menit busur, dengan H adalah tinggi tempat
pengamatan dalam meter.

Mari kita aplikasikan misalnya untuk Puncak Merapi
(2911 m dpl). didapat K = 95 menit busur atau setara
dengan 1,5 derajat. Jadi jika mdilihat dari puncak
Merapi, tinggi Bulan = tinggi di permukaan air laut +
1,5 derajat. Jika anda sering melakukan observasi
(katakanlah mengukur2 dengan teodolit dsb), angka 1,5
derajat ini tidak besar selisihnya.

Namun berdasarkan pertimbangan optika dan astronomi,
melihat di tempat2 yang lebih tinggi seperti di puncak
gunung memberikan peluang lebih tinggi untuk bisa
melihat hilaal dibanding di permukaan laut.
Musababnya,  di puncak gunung kelembabannya lebih
rendah, sehingga serapan cahaya menjadi berkurang dan
akibatnya fraksi cahaya yang memasuki mmata pengamat
lebih besar dibanding pengamat lain yang ada di
dataran rendah.

Ini bukan sekedar hipotesis. Kami di Rukyatul Hilal
Indonesia (RHI) telah membuktikan fenomena tersebut
dalam observasi hilal 12 September 2007 lalu, yang
dilaksanakan secara simultan antara pos observasi
Logending Kebumen Jateng (0 m dpl) dengan Bukit
Bela-Belu Parangkusumo DIY (40 m dpl). Hasilnya,
hilaal hanya terlihat dari pengamat di Bela-Belu. Ini
konsisten dengan model2 matematis yang kami gunakan,
yang tidak saja memasukkan posisi Bulan dan Matahari
namun juga memperhitungkan kecerahan langit, batas
kemampuan mata manusia dan batas kemampuan alat optik
(binokuler).

salam

Ma'rufin
----