  From: anton_djakarta
  To: Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, November 22, 2007 8:42 AM
  Subject: [Forum Pembaca KOMPAS] Studi Kasus : Nama Panggilan Orang Tua

  Studi Kasus : Nama Panggilan Orang Tua
  oleh Anton

  Dulu waktu SD di tahun-tahun awal 80-an ada teman saya yang
  nyeletuk, "kalau elo udah manggil orang tua ``mama papa'' berarti
  elo juga harus les piano sore-sore, bukannya malah nyari kecu di
  comberan" lha apa hubungannya manggil kata ganti ortu sendiri dengan
  les piano atawa nyari kecu (kecu ini ikan kecil yang punya warna
  bagus tapi sering ada di comberan). Tapi belakangan saya mafhum kalo
  dimaksud teman saya ini kalo udah panggil `mama papa' minimal elu
  musti kaya, atau anak orang kaya lha kaya dalam terminologi dia
  adalah kalo udah les piano sore-sore (cupet banget seh!). Gara-gara
  celetukan teman saya yang nggak bertanggung jawab dan rada-rada aneh
  kalo diikutin akhirnya pemahaman saya tentang panggilan `mama papa'
  itu khusus panggilan orang tua buat anak orang kaya yang minimal
  mampu bayar guru musik buat les piano atau minimal punya piano.
  Nggak lama setelah `fatwa' sesat teman saya, ada kejadian lagi
  menyangkut persoalan manggil `mama papa', saya punya temen waktu itu
  ngajak saya dan tiga temen lainnya ke rumahnya, buat baca komik
  terbaru donal bebek, Tintin dan Asterix. Saya diajak makan seadanya
  pake tempe ama tahu, udah gitu nasinya terpaksa rebutan karena kita
  bertiga ke rumah teman saya itu. Teman saya ini dari keluarga
  sederhana, tiba-tiba adiknya yang datang dari maen gundu dateng dan
  ngeliat gerombolan temen-temen kakaknya berusaha ngerampok makan
  siangnya dia marah "entar gue bilangin mama lho, si abang ama temen-
  temennya ngabisin nasi" saya yang denger kata mama dan udah
  diracunin pikirannya sama temen saya yang berterminologi kalo
  manggil mama itu orang kaya yang bisa les-sin piano anak-anaknya,
  langsung nyeletuk... "gile, lu makan tempe tapi manggil ibu lo pake
  mama,.. emang lu punya piano?" temen saya yang satunya lagi
  nambahin, "emang lu punya atari udah panggil pake mama segala?"
  temen saya yang mukanya merah padam karena malu disiksa pertanyaan
  nggak bertanggung jawab dan sebenarnya nggak kapabel itu langsung
  bela diri dikit "gue kan orang Manado!" waktu itu saya terdiam oh
  ternyata orang Manado musti wajib manggil mama, buat manggil ibu-
  nya. Jadi nggak ada hubungannya sama kemampuan bayarin anaknya les
  piano atau punya piano. Kesimpulan gue sambil ngangguk-angguk.

  Perbendaharaan konflik makna `mama papa' saya bertambah lagi saat
  denger lagunya Oma Irama yang bunyinya kira-kira gini "kau panggil
  aku papa, kupanggil engkau mama, ahaaa...."lho penggemar dangdut kok
  manggilnya `mama papa'? Bukannya dangdut musik yang suka didengerin
  abang-abang jual dagangan (maklum tahun itu masih 80-an awal gradasi
  dangdut mungkin masih pada level D) Apa jangan-jangan Oma Irama ada
  darah Manado-nya kayak temen gua yang kehabisan nasi tempo hari?
  Pikir saya dalem hati. Tapi alhamdulillah agak gedean dikit saya
  tahu bahwa Oma Irama sama sekali kagak ada darah manado-nya sebab
  dia asli Tasikmalaya, saya juga baru sadar panggilan nama ``mama
  papa'' buat orang tua adalah panggilan yang jamak dan nggak ada
  hubungannya dengan les piano, punya atari atau orang manado, tapi
  lebih masalah kultur. Panggilan ``mama papa'' lebih dirasa lebih
  mengandung hubungan kasih sayang yang dekat dan terlihat agak lebih
  urban ketimbang manggil pake jalur tradisional seperti Bapak-Ibu,
  Baba-emak, babe-nyak, Pakne-Mbokne, Romo-Ibu, bapak-Mamak, Ayah-
  bunda, Abah- Ambu, Abi-Ummi, Papah-Mamah (kalo temen2 peranakan
  Tionghoa biasanya ditambah huruf `H' itu panggilan khas peranakan
  udah ada dari jaman Diponegoro) . Untuk membuktikan keabsahan kasih
  sayang antara relasi anak- orang tua, coba bandingin kalimat "Pap,
  minta goceng dong..buat nonton neh!" dengan kalimat "Pak, minta
  goceng dong buat nonton neh..." yang pertama jelas itu panggilan
  relasi anak pada orangtuanya, tapi yang kedua belum tentu, bisa anak
  sama ortunya, bisa anak tetangga sama Pak ErTe, bisa juga preman
  yang lagi malak duit buat modal nonton bareng pacarnya yang dagang
  jambu. Atau ada lagi yang nanya `emangnya goceng cukup buat
  nonton...?' Laen lagi ceritanya kalo panggilan `mom-dad', yang agak
  States banget ketimbang `mama papa' yang berbau Europeesch, nah kalo
  panggilan model gini sering saya denger pada waktu nonton TVRI pas
  film `Highway To Heaven' tapi dalam kasus di Indonesia saya
  menemukan kejadian ada orang Indonesia manggil ortu-nya `mom-dad',
  pelakunya tetangga saya yang ortu-nya baru aja pulang dari Amerika.
  Tetangga saya yang Ra'ab (arab) abis ini pertama kali saya anggap
  kurang ajar banget soalnya manggil nama Bapaknya pake nama langsung,
  saya langsung tegur sehabis dia ngobrol sama bapaknya "Gile lu,
  manggil ortu langsung nama, bokap lu emang namanya Deddy?" temen gue
  cuman mesam-mesem aja kayak ngemut permen nggak komen (tahun-tahun
  itu emang lagi beken nama deddy, bisa deddy mizwar, deddy dores,
  deddy dhukun, deddy rosadi, - nama paling belakang satpam kompleks).
  Belakangan hari saya tau bapaknya teman saya namanya Aswab Assegaf
  bukannya Deddy. Tapi cilakanya pikiran saya jadi bego lagi kalo
  manggil ortu `dad' berarti lu habis pulang dari Amrik atau Bokap
  Nyokap lo pernah sekolah di Amrik atau minimal pengalaman kerja jadi
  kapster salon atau tukang cuci di deket-deket Tiffany, NY.

  Nah prasangka `Mom-Dad' harus dari Amrik ini jadi sempet bikin
  runyam hubungan pertemanan antara saya dan temen saya yang logatnya
  Tegal banget `mblekutuk' istilah Jawa-nya, si temen `mblekutuk' ini
  manggil Bapaknya `Dad' tapi dia baru aja pindah dari Brebes. Saya
  protes waktu dia denger manggil bapaknya, pake kata "dad" soalnya
  dia kan nggak pulang dari Amrik tapi pindahan dari Brebes kagak
  layak manggil `dad' denger pendapat saya yang kampungan ini muka
  saya nyaris ditinju sama dia "Daddy-daddy inyong, arep inyong celuk
  apa terserah inyong, lha kepriben lhaa...!" teriak dia yang dalam
  bahasa jakartanya `Bokap-bokap gua, mo gua panggil apa terserah
  gua!!, ternyata Bapaknya teman saya ini tergila-gila film `Hunter'
  dan nyuruh anaknya itu manggil dia pake `Dad', tapi untuk ibunya
  boleh tetep `Emak' itu pengakuan temen saya yang udah nggak marah
  lagi karena dia saya kasih es doger. Entahlah beberapa hari yang
  lalu saat saya nonton infotainment (ketauan banget NTD
  berat...Nothing To Do) Arzetti Bilbina eks model saat manggil
  suaminya `dad' saya jadi inget temen saya yang dari Brebes, tapi
  saat itu pikiran saya nggak komplen apakah si Arzetti ini baru
  pulang dari states atawa cuman sempet jadi turis dadakan ke
  california, tapi lebih ke tampang suami Arzetti, saya sampe nyeletuk
  agak-agak jahat "buset manggilnya `Dad' kalo tampang suaminya kayak
  Ari Wibowo sih oke, ini tampang suaminya Arzetti kayak tukang
  martabak manis depan pengkolan, kerenan tukang martabak manis malah"
  tapi pikiran jahat ini langsung gue tepis, itu hak dia kok lo yang
  usil!. Jadi perbendaharaan saya bertambah saat ini manggil `Dad'
  nggak ada hubungannya sama tampang jadi ada kemungkinan kalo saya
  jadi ortu anak saya manggilnya `Dad' karena tampang saya dijamin
  jauh lebih keren dari suaminya Arzetti, tapi 11-12 sama tukang
  martabak manis, gue 12, tukang martabak manis 11 (tukang martabak
  manis ini agak mirip-mirip Adjie Pangestu versi kampungnya) ... Atau
  gue suruh anak gue kelak manggil `Papa' aja yah, soalnya gue sering
  ngaku asli Manado kalo ditanya asalnya darimana, ini juga gara-gara
  temen gue yang bilang kalo Manado tuh ganteng-ganteng, prinsip cowok
  Manado `biar duit ngana cekak yang penting ngana harus punya gaya',
  jadilah gue bangga banget kalo ngaku dari Manado, walau tampang gue
  Batak banget tapi berdarah Jawa tulen...

  ANTON

  Visit My Blog :
  http://anton-djakarta.blogspot.com