Kura kura itu begitu dekat dengan saya, walaupun saya tidak memelihara, saya
selalu menggunakan Nick name aku Qoora Qoora atau Kura kura dalam setiap
kesempatan, bahkan sewaktu aku Compose lagu, akan aku tulis nama disitu sebagai
kura kura, di MSN saya juga Kura kura. Aku sendiri nggak tau, sampai Istrikupun
punya satu set perhiasan berbentuk kura kura, dan koleksi barang barang
berbentuk kura kura.
Temen temen aku yg chinese selalu memanggil aku dengan "UKUAI " artinya kura
kura, walaupun nggak pernah mereka tau kalau aku suka kura kura.
Tapi yg pasti, Kura kura itu mempunyai tempat yg cukup istimewa dalam dihupku.

To: [EMAIL PROTECTED]: [EMAIL PROTECTED]: Tue, 18 Dec 2007 02:14:30
+0000Subject: [Forum Pembaca KOMPAS] Kura-kura

Oleh SENO GUMIRA
ADJIDARMAhttp://www.kompas.com/kompas-cetak/0712/18/Natal/4088404.htm======================Saya
 baru saja pindah rumahâ€"dan kura-kura saya ikut. Sudah berapa kalisaya pindah
rumah? Mula-mula karena pindah dari kontrakan satu kekontrakan yang lain,
kemudian setelah punya rumah, masih jugadipersilakan pindah oleh banjir, yang
memang datang berkali-kali tanpatanda-tanda akan berhenti.Dalam semua peristiwa
itu, kura-kura tersebut selalu ikut. Waktubanjir besar tahun 2002 maupun 2007,
kura-kura itu selalu menghilang,tetapi selalu kembali lagi, merayap melalui
pintu depan setelah airsurut. Bukankah banjir memang tak menjadi masalah bagi
seekor kura-kura?Dialah satu-satunya dari empat kura-kura yang masih bertahan
dalamgerusan waktu. Dua ekor langsung mati setelah dua minggu, yang duabertahan
lama bersama-sama. Sekarang, mungkin setelah 25 tahun,tinggal satu ekor.
Sebetulnya itu bukan kura-kura saya, melainkankura-kura anak saya. Saat
pemiliknya mengepakkan sayap danmeninggalkan rumah, kura-kura itu tetap
tinggal, tetap selalu menatapsaya dengan pandangan seolah-olah mengerti.Apakah
yang bisa dimengerti oleh seekor kura-kura? Entahlah. Namun,ada yang saya coba
mengerti dari pengalaman saling menatap selama 25tahun itu.Misalnya bahwa ia
hidup sendirian dalam beberapa tahun terakhir,karena satu-satunya kura-kura
yang menjadi teman hidup telahdibunuhnya. Mereka memang selalu berebut makanan.
Selalu salingmenyakiti sehingga terlalu sering terpaksa saya memisahkannya.
Temanyang satunya itu selalu kalah dan selalu tertindas, tetapi selalumelawan
agar tetap mendapat makanan.Pertanyaan saya, apakah survival of the fittest ini
masih harusberlaku ketika satu-satunya kolam hanya dihuni oleh dua kura-kura
itusaja? Istilah "dunia milik kita berdua" bagi manusia tidak berlakubagi
kura-kura.Apakah arti hidup bagi kura-kura yang telah menguasai dunia itu,
jikasisa hidup, yang barangkali masih akan lama, dijalaninya sendiriansaja?
Apakah dia puas dan bisa menikmati kekuasaannya, ataukah diakesepian?
Melihatnya berenang sendirian, berjemur diri di bawahmatahari, atau menyeret
tubuhnya di antara kaki-kaki kursi di dalamrumah, saya melihat suatu paradoks:
Di satu pihak, ia bagaikan seorangpenguasa tunggal dalam dunianya; di lain
pihak, ia tak lebih takkurang hanyalah makhluk lemah, yang tentu saja tidak
menyadarikelemahannya sama sekali.Tapi, tidakkah kita semua kadang-kadang
begitu?

Pojok Milis Komunitas FPK:

1.Milis komunitas FPK dibuat dan diurus oleh pembaca setia KOMPAS
2.Topik bahasan disarankan bersumber dari KOMPAS dan KOMPAS On-Line (KCM)
3.Moderator berhak mengedit/menolak E-mail sebelum diteruskan ke anggota
4.Kontak moderator E-mail: [EMAIL PROTECTED]
5.Untuk bergabung: [EMAIL PROTECTED]

KOMPAS LINTAS GENERASI

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional