Saya juga dari Sastra, dan ternyata saya belum pernah menganggur. Walaupun saya
tidak pernah sama sekali kerja dibidang Sastra. kerja saya merangkumi otomotif
ke Micro Chip. nggak ada hubungannya sama sekali dengan yg namanya Sastra. Jadi
itu menambah bukti, bahwa Bidang Sastra tidak sepatutnya di cemooh. Tentang
semakin tinggi kwalifikasi pendidikan semakin menganggur, mungkin ini menjadi
masalah tersendiri. Karena sebagian besar Lulusan S1 dan S2 terlalu memilih
kerja. Mungkin karena Gengsi dengan gelar mereka, atau alasan yg lain. Tapi
kalau mereka melucutkan gengsi itu, banyak sekali lapangan kerja diluar sana.
Tapi kalau saya ingat, dibandingkan dulu dan sekarang. Dulu dalam satu kampung,
yg sarjana mungkin cuma satu atau dua orang. Sekarang sudah berjibun. Bahkan
guru SMA juga sudah S2. Mutunya ? nggak tau. Dulu yg namanya BA itu sudah bagus
sekali.
Mungkin ini merupakan Fenomena baru di negara kita. Tepuk dada tanya selera.

EMO

To: [EMAIL PROTECTED]: [EMAIL PROTECTED]: Tue, 12 Feb 2008 12:21:31
-0500Subject: [Forum Pembaca KOMPAS] Re: Makin Tinggi Pendidikan Makin Gampang
Menganggur?

Semoga sukses selalu, Mia.Memang kelihatannya kini kita makin memerlukan lebih
banyak orang dengan keilmuan yang holistik, bukan spesifik. Terbukti selama
krisis, lebih banyak pekerja dengan ketarmpilan spesifik yang kena PHK,
sementara yang punya kemampuan holistik rata-rata pada selamat. Mereka bisa
bekerja di bidang apa saja dan masuk di mana saja. Sykur Mia punya visis yang
sama dengan saya tentang ilmu yang paling gak laku [EMAIL PROTECTED]
wrote:Jurusan sastra memang jurusan paling diremehkan orang. kenapa,
ya??..mungkinselama ini orang banyak menganggap ilmu sastra cuma teori dan
kalah canggihdengan ilmu lain yang identik dengan kepintaran/kejeniusan
misalnyakedokteran, teknik dsb. apa mereka lupa tanpa bahasa memangnya
merekamenyerap ilmu dengan apa? dengan morse??..:) Saya setuju dengan
PakManneke. lulusan sastra nyaris nggak ada yang menganggur..karena jurusanini
dibutuhkan di segala bidang berkat ilmunya yang universal. saya sendirilulusan
sastra inggris. sejak kuliah hingga lulus pada thn 2002...saya tidakpernah
menganggur. Amin...peace,mia heranty

Pojok Milis Komunitas FPK:

1.Milis komunitas FPK dibuat dan diurus oleh pembaca setia KOMPAS
2.Topik bahasan disarankan bersumber dari KOMPAS dan KOMPAS On-Line (KCM)
3.Moderator berhak mengedit/menolak E-mail sebelum diteruskan ke anggota
4.Kontak moderator E-mail: [EMAIL PROTECTED]
5.Untuk bergabung: [EMAIL PROTECTED]

KOMPAS LINTAS GENERASI

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional