Memang betul " Perubahan nasib hanya ditentukan oleh umat itu sendiri ".
Ya artinya menyalahkan orang lain tidak akan membantu kita meningkatkan diri.
Dan menyalahkan orang lain atau sistem atau keadaan itu memang sebagian dari
kehidupan ini. Dan sering kita lakukan. Sadar atau tidak. Walaupun terkadang
hanya berupa sebuah keluhan.
     Tapi yg pasti, kalau kita hanya asyik menyalahkan system, menyalahkan
pemerintah, pemimpin dan partai ini menyalahkan partai itu persoalannya memang
nggak akan selesai.Karena selagi masih banyak partai di Indonesia, dan sebagian
partai yg memerintah dan yg lain oposisi, maka berbalahan dan saling
menyalahkan itu akan terus dan tetap terjadi. '" Kepetingan Nasional " sendiri
yg menggariskan seharusnya DPR, karena mereka dianngap lebih arif dan dianggap
mewakili Rakyat ( apa iya ? ), yah ...paling tidak mereka mewakili Partai.
Dan partai mewakili siapa ? lah kan malah jadi dagelan. hehehehe takut aku mau
ngebayangin.
     Yang penting si Umat itu sendiri, harus berusaha untuk meningkatkan diri
sendiri. Dengan kemampuan individu setiap umat itu tadilah Negara akan maju.
Nyalahin orang, menyesali sesuatu, juga untuk saat sekarang ini tidak akan
banyak membantu. Karena Reformasi yg diharapkan juga sebatas menjadi Slogan yg
sudah Basi.      Untuk mas Haniwar :Tentang pendapat Sufi yg mengatakan : "
Pendapatkulah yg paling benar........ " itu rasanya terlalu egois. Dan nggak
pantes untuk dijadikan acuan dalam sesuatu kasus. Tapi kalau anda fikir itu,
betul, ya kan setiap orang berhak punya pendapat yg berbeda, ya monggo.

To: [EMAIL PROTECTED]: [EMAIL PROTECTED]: Fri, 22 Feb 2008 08:07:48
+0700Subject: Re: [Forum Pembaca KOMPAS] Re: Kelelahan pada zaman, karena
salah-menyalahkan

kalo kita lg iseng bercanda maka kita akan bilang.lha tulisan di bawah ini kan
juga nyalah nyalahin orang lain kan ?? smile..aku pikir .. yg kita perlukan
pemimpin yg baik... yg ketika dnegar orangsalah menyalahkan, atau ornag bicara
ttg konsepnya yg benar .. maka dia mampu memvcari yg benar benar dan
melaksanakannya dgn benar pula...bupati jembrana ?? gubernur Sum Bar , Guberur
Gorontalo , Rustriningsih..., Untung ??nilai aja deh..dan pilih di
pemilu/pilkada berikut..... sementara itu kita mau bilang konsep kita sendiri
paling benar ... ya biar aja... woing kita punya pendpaat dan otak kok...kata
seorangSufi : "aku merasa pendapat ku lah yg paling benar, tetapi jika kemudian
aku dapati ada pendapat yg lebih benar , maka pendapatnya akan jadi pendapatku
juga.."

salam
Haniwar