Saya rasa banyaknya tanggapan, komentar, kritik, saran buat Bung Budiman S di
milis ini bukan karena bung Budiman sebagai anggota milis FPK, tapi karena bung
Budiman S sendiri sudah mengutarakan keinginannya menjadi anggota DPR Republik
Indonesia yang berada di dunia nyata, bukan di negara impian yang presidennya
pak Manneke.

Di milis ini kita setara, tanpa ada kasta-kasta. Itu benar. Tetapi ketika bung
Budiman kelak menjadi anggota DPR RI dari salah satu partai politik di
Indonesia, atau rekan yang lain, yang ingin jadi presiden, di dunia nyata, mau
tidak mau dalam hirarki politik kita tidak lagi setara.

Saya melihat arah dari diskusi kita yang hangat di milis FPK ini, bukan untuk
kepentingan milis ini, tetapi untuk perbaikan bangsa kita. Maka ketika Bung
Budiman S, Bung Fajroel, juga bung Rizal M yang juga adalah anggota milis FPK
menyatakan keinginannya menjadi bagian dari pemain dalam politik Indonesia,
muncul banyak tanggapan. Dan tanggapan itu, entah penyampaiannya secara dingin,
sejuk atau hangat, manis atau pahit, lembut atau kasar, mendukung atau mencela,
saya lihat bermuara pada sebuah HARAPAN.
Kalau mau dilihat dalam konteks belajar bersama, penyampaian-penyampaian
tersebut merupakan materi� yang cukup baik untuk dijadikan bahan pembelajaran
dan latihan.
Toh nanti, ketika Anda-Anda sudah menjadi bagian dari pemain politik baragkali
akan menghadapi kenyataan yang lebih berat dari apa yang terjadi di milis FPK
yang maya ini.

Dari diskusi mengenai pemimpin, saya pribadi belajar banyak dari FPK ini. Bukan
untuk menjadi pemimpin dalam ruang politik Indonesia, tetapi pemimpin dalam
keluarga saya.

Salam
Mulyadi