From: Harya Setyaka <harya.sety...@gmail.com>
Subject: Re: [Forum-Pembaca-KOMPAS] Re: ADHIE MASSARDI Meluruskan Manohara dan
Soal SBY
To: Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com
Date: Friday, June 19, 2009, 10:03 AM

Bung Lanogan,

Yg dibicarakan ini adalah hubungan intim pra-pernihakan mereka; 2 tahun
lalu.
Kejadian Umroh dst terjadi setelah mereka menikah Bung.
1.Bung HS, anda bicara menurut apa yang anda tahu,dan saya juga bicara menurut
apa yang saya tahu. Pertama kali Mano bertemu, Mano mendapat kesan pangeran
bagaikan ksatria gentlemen, makanya Mano mau diajak naik kapal pesiar, ternyata
di kapal pesiar si pangeran bejat memperkosa Mano, setelah kejadian itu
pandangan Mano berubah dan tidak mau ketemu si pengaren bejat lagi. Kalo emangg
Mano doyan, knp mesti menolak bertemu si pangeran bejat..????? Doyan koq
menolak bertemu..????

Apa kalau suami-istri yang telah resmi menikah juga masih masuk dalam
kategori pemerkosaan? (honest question).
2. Pertanyaan jujur anda sebaiknya anda tujukan kepada seorang istri yg tidak
mau berhubungan intim dengan suaminya tetapi dipaksa secara kekerasan, apakah
menurut si istri itu permerkosaan atau tidak. Kalau anda bisa menyimpulkannya
itu bukan permekosaan berarti anda sok tahu! dari sekian istri saja belum tentu
satu suara tentang ini, oleh karena itu anda tidak berhak menyimpulkan sendiri
kemudian kesimpulan anad harus diterima semua orang. Dalam hal ini kalau ada yg
menyimpulkan itu bukan pemerkosaan itu terserah yg bersangkutan,tidak jadi
soal, nah kalo bagi Mano itu permekosaan kenapa anda keberatan  kalau itu
pemerkosaan bagi Mano.?? Kurang kerjaan!

Mungkin saya salah, yg saya baca mereka berdua pertama kali bertemu 2 tahun
lalu. Mereka berhubungan intim.
Lantas ini yang di-klaim sebagai pemerkosaan.
Kalau memang demikian, mengapa menunggu 2 tahun? Mengapa pula menikahi si
pemerkosa?
3.Menunggu 2 tahun karena Mano belum cukup umur untuk menikah. Menurut saya
setiap orang tua yg waras di dunia ini akan memilih menikahkan anak gadisnya
dengan seorang laki-laki meskipun laki-laki itu yg memperkosa anak gadisnya.
Menurut saya, hanya orang tua yg kurang pikiran yg mau membalas dendam kepada
laki2 yg memperkosa anak gadisnya, memenjarakannya misalnya, digebukin sampai
babak belur atau lebih si laki2 mati daripada anak gadisnya menikah denganlaki2
yg memperkosanya. Kalo anda mendengar ibu Mano, keributan ini terjadi karena
ibu Mano tidak boleh bertemu anaknya, bahkanmelalui telpon juga tidak bisa,
sementara si ibu sudah tahu kalau anaknya mendapat perlakuan kasar, seandainya
si pangeran bejat tidak melarang Mano berhunguan denga ibunya tentu keributan
ini tidak terjadi, TETAPI SEBALIKNYA kalau dibiarkan bisa berhubungan tentu
kebusukan kerajaan kelantan dari Malingisa akan terbongkar! Anda bisa ngerti
kan..?

Semenjak berhubungan intim, lalu pertemanan tetap berlanjut toh?
Kalau demikian, ini diperkosa apa doyan?
4. Hubungan tetap dilakukan karena memang si pangeran bejat mau menikah dgn
Mano tapi hrs menunggu sampai usia Mano mencukupi. Setelah menikah Mano tinggal
bersama sipangeran bejat di Malingsia tetapi krn diperlakukan kasar Mano kabur
dan tidak mau ke malingsia, akhirnya dibuatlah skenario umroh itu agar Mano
bisa dibawa ke Malingisa. Lha, kalo emang Mano doyan kenapa pula si Mano harus
di bohongin utuk membawanya ke Malingsia..haa!!!???

(bedakan pemerkosa dengan laki-2 buaya... pemerkosaan ada unsur paksaan,..
laki-2 buaya beraksi dengan modus rayuan/persuasi, belum tentu ada kekerasan
/ koersif).
4. Pemerkosa intelek (menggunkana otak) adalah membujuk( naik kapal pesiar
misalnya)/persuasi/memberikan angin surga, setelah itu kalau tidak mau ya
diperkosalah.. tapi tetap aja pemerkosaan toh..!!!??

Anyway.. Pak Bodo benar., yg lebih pantas mengkoreksi adalah si Manohara
sendiri.
Yg bisa kita lakukan adalah menguji konsistensi antara alat bukti, kronologi
dan penuturuan masing2 yg terlibat.

Pemerkosaan tentu bisa dibuktikan dengan adanya pemaksaan fisik. Minimal
pakaian yang disingkap secara paksa tentu akan meninggalkan bekas koyakan;
ini barang bukti yang bisa membuktikan apakah ada unsur paksaan dalam
hubungan intim tersebut.

Sekarang sepertinya sudah mulai clear kasusnya.
Visum yang ditunggu-tunggu sudah dilakukan; sehingga sudah terbukti bahwa
terjadi kekerasan terhadap Manohara.
Dan menurut Manohara (saksi korban) yang melakukan kekerasan tersebut adalah
si Pangeran yang telah menikahinya.
Maka proses pidana sudah bisa dimulai.
Karena peristiwa kekerasan terjadi di wilayah hukum Malaysia, maka proses
hukum pun dilakukan disana oleh penegak hukum disana pula. KBRI, sebagai
perwakilan RI di Malaysia tentunya wajib memfasilitasi.

Bung Lanongan, tentunya kita paham perbedaan antara nasionalisme dan
nasionalisme sempit.
Tentunya kita bela si Manohara ini ketika keterangan/penutura nnya sudah
didukung oleh bukti-2, dan sekarang sudah.

Salam,
-K-

Kirim email ke