Usulan JK ini bukan "gagasan baru". Saat saya kuliah akhir tahun 80-an dan
awal 90-an di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Koperasi Mahasiswa
(Kopma)-nya pernah menerapkan aturan ini. Kita ngajukan kredit pada Kopma
dengan agunan ijazah SMA.

Malah pernah saya dengar dari pengurus Kopma, ada mahasiswa ngemplang kredit
dan hingga si mahasiswa lulus ijazah SMA belum diambil.

Bravo JK.

Dwiki Setiyawan