From: manneke budiman <hepaest...@yahoo.ca>
Subject: [Forum-Pembaca-KOMPAS] Re:  Malaysia Ãœber Alles
To: Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com
Date: Thursday, September 10, 2009, 1:39 AM

                  Simptom dari apa yang disebut dengan INFERIORITY COMPLEX
alias penyakit minder adalah:

1. Seseorang itu selalu gembor-gembor tentang kebesaran diri sendiri (padahal
kebesaran itu mestinya adalah pengakuan yang diberikan oerang lain, bukan
self-proclaimed)

2. Namun, kontradiksinya adalah begitu harga dirinya tersenggol sedikit oleh
orang lain, langsung dia bereaksi seperti dunia mau kiamat. Sekana tidak pede
sama sekali dengan kebesaran diri yang selalu dipamer-pamerkan itu.

3. Di satu pihak tepuk-tepuk dada, pada saat yang sama tak punya kepercayaan
diri. Selalu harus jerit-jerit: "Ini aku! Ini aku! Ini punyaku! Ini punyaku!"
seolah orang sedunia begitu bodohnya tak tahu apa yang milik dia dan apa yang
bukan.

4. Begitu kena masalah, solusinya mau langsung berantem. Seolah ingin
menunjukkan betapa kuatnya dirinya dan betapa ia mampu menggulung lawannya
dengan mudah dan cepat.

Saya curiga Anda ini (beserta para kompor lain yang demen manas-manasin orang
di berbagai milis) adalah penderita inferirority complex yang kronis dan akut.

Bahkan bikin judul tulisan pun tak nyambung dengan isinya, apalaagi dengan
fakta yang ada di luar sana.

manneke

Kirim email ke