Pak KM,

persoalannya sudah bukan Virus lagi Pak,
tetapi penggantian di saat kritis, apalagi
pra seleksi sudah dilakukan dan inkonsistensi
serta debatable reason yang dikemukakan
baik oeh HR maupun oleh DPJ, juga soal
ketika keputusan ketika cover both sides
sekarang mungkin dilakukan secara terbuka. .

Bapak sendiri  sudah mengatakan sebagai
"kelabakan-time constrained" untuk mencari
penggantinya.

Jadi, sebaiknya soal virus kita kesampingkan,
namun penggantian di saat kritis itu yang menarik
untuk dibahas tanpa harus apriori bahwa  itu
pengaruh negara lain atau DPJ seperti argumentasi
Bapak. Toh Bp tidak tahu persis informasi apa yang
dipunyai oleh  Bp Presiden pada saat membuat
keputusan. Sekalai lagi, agar jelas dan ini bersifat umum,
rational decision making is a process, process to pick
one alternative among the available alternatives. Catatan,
bounded rationality - limited time, resource, capacity,
information.

Fak Kedokteran diluar UI tentu boleh saja bertanya
mengapa UI? Apakah calon dari Fak Kedokteran
yang lain tidak ada yang baik? Ini sekedar contoh
bounded rationality.  Pertanyaan yang sama juga bisa
dialamatkan kepada kasus hibah Jepang untuk IT
pendidikan  yang lewat Kominfo. Mengapa Jogja?
Apakah tidak ada provinsi lain yang lebih layak dan
lebih pantas ?

Tetapi, mengamati prilaku perubahan "management of
change" yang dikendalikan ole SBY, tampaknya memang
bisa membuat tekanan tertentu karena reshuffle in waiting.
Masalahnya, saya khawatir, kejar target tanpa koordinasi
dan target yang jelas bisa menimbulkan overlapping yang
bakal menimbulkan high cost. Sebagai misal , Menko Kesra
yang mengurusi IT Pendidikan. Apa tidak mumet untuk
merekonstruksi argumentasi gathukologi?