Original Sender  : "M Fahmi Aulia" <[EMAIL PROTECTED]>

> Original Sender  : Gema Pratama Putra <[EMAIL PROTECTED]>
> Denger-denger kan uu-haki diresmiin dan berlaku efektif hari ini. Itu
> gimana ya menurut temen2 ?
Ya jelas...'mestinya' kita2 ini sudah mulai LEBIH menghargai karya cipta
orang lain :)

> Maksud gue, kalo gue kan mungkin untuk film (VCD/DVD) terus terang,
> jarang banget beli. mending sewa aja di video-ezy. karena kualitas
> sangat terjamin (kalo dvd, dvd playernya gak punya). Trus kaset tape
> sama cd-audio bajakan juga enggak. MP3 ? itu sih suka beli, tapi kalo
> dilarang, ya... oke lah, beli kaset yg asli aja. Alhamdullilah kalau
> Cuma kaset sih, masih bisa.
Kalo aku sih, tergantung yach...
Maksudku, selama ini kalo beli vcd/dvd, kalo emang film yg aku mau ada versi
originalnya, yaa beli laahhh.... Soalnya, terus terang aza sih...mata dan
telingaku ini paling 'sensitif' kalo nonton film2 bajakan yang M_U_T_U_nya
J_E_L_E_K. Yang selama ini aku temui, vcd2 bajakan identik dengan gambar dan
suara (baca: audio-video) yang S_U_P_E_R jelek ;-) Kalo dvd yaaa...aku beli
yg bazakan azaaaa....soalnya beda harganya lumayan jauh yach?? Original
150K....bajakan 20K-30K....bayangin aza, hehehehe... ;-)

Kalo kaset, hmmm....sudah ga pernah beli...Terakhir beli yaa...album
terakhir AudioSlave...itupun sebenarnya hadiah buat orang, hehehe.. ::D

Sementara untuk MP3, hmmmm....tergantung juga yach...!! Selama ini aku
nge-rip cd audio temenku. Hasilnya aku simpen sendiri, ndak diperjual
belikan ato diedarkan di luar rumah.... Ini termasuk mbajak juga
yach??heheheh... :P

> Lagian juga, mereka kan sodare-sodare kita. (para artis musik indonesia,
> artis sinetron, artis layar-lebar, de el el). Toh kalo mereka dapet
> duit, mereka bayar pajak juga ke negera. Jadi duit gue yg buat bayar tuh
> kaset, ya disitu-situ aja.  :-p
Hehheheh.hehe.... ALASAN...!! hehehehe... :D

> Tapi kalo SOFTWARE ???????!!!!!!!!!!
Yaaa....'masalah' beratnya kan di sini...?? :-)

Alternatifnya sekarang hanya 2: windows ato open source. Karena selama ini
banyak yg sudah dimanjakan windows, yaaa....akan terasa sangat sulit untuk
migrasi ke open source. Selain karena mesti banyak belajar, masih banyak hal
yang tidak familiar, meskipun desktopnya sudah relatif lebih bagus
dibandingkan dengan yang lama...selain lebih mirip windows...

> Bisa aja sih beralih ke linux. Tapi jenis s/w yg gue butuhin kan belum
> semuanya tersedia. Lagian juga, yg paling penting, gue gak bisa linux
> ... hiiiiiii .... ;-p
Ember...banyak games yang gak jalan di linux, hihihihih... :p

> Gue pribadi "maunya" gak setuju kalo software software itu diilangin
> 100% bajakannya. 50% aja deh. Ya, gue tau gue salah. Tapi mau gimana?!
Yaaa....kalo aku pikir, ini kembali ke masalah duit... ;-)
Orang yang duitnya relatif banyak cenderung lebih apresiatif terhadap karya
orang (cmiiw) ;-)

> It's the only education and entertainment I (or we?) have ! beside, gue
> kan gak komersilin tuh s/w. gue pake sendiri dan gue pake juga buat
> belajar, buat seneng2 sendiri. <<--- *bisa aja ngelesnya*
Tapi kalo ada 10 juta orang berpikiran seperti ente, yaaa..repots
laahh....hihihih.. :-)

> Kalo polisi mo periksain perusahaan-2 komersial, apalagi kaya telkom,
> indosat, de el el... terserah dah. Tapi kalo toko-toko kecil kayak di
> depan gunadarma ... hik-hik, ... jgn ya,...
M$ sendiri sudah mengadakan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan
lembaga2 lain, yang intinya bisa menggunakan product M$ dg harga relatif
lebih murah...coba aza tuh gunadarma joined...kan lumayan...hehehe.. :D

btw, perusahaan yang DIINCAR oleh M$ dan konco2nya MEMANG perusahaan2 BESAR.
Sewaktu pameran dan lomba software kemarin di jakarta, salah seorang
pimpinan di kantorku tanya ke BSA, apakah perusahaan tempat aku kerja akan
disweeping/mesti beli produk2 original? Ketika mereka (BSA) tahu bahwa
perusahaanku berskala kecil (jumlah staf < 20 orang), mereka bilang it's ok
pake yang bajakan...!! ;-)

> toh selama ini microsoft,
> adobe, dan s/w house besar lainnya masih untung buanyaaakkk.... biar
> kata dibajakin terus ma orang2 yg kaya gue ... hik... hik...
ini mah no komen.... ;-)

moral:
- jika emang dah punya duit lebih, gunakan software asli. hargai usaha orang
untuk mencipta...
- kalopun terpaksa pake bajakan, yaaa...gunakan SEMINIMAL mungkin
- produk anak bangsa (sodara2 kite sesama bangsa Indonesia) jangan
dibajak....kasian...negara udah semrawut, ekonomi berantakan...mereka ntar
cari makan dari mana lagi??
- lakukan kompromi dengan BSA, jika perusahaan tempat u2 pade mo pake produk
bajakan...sukur2 bisa dinegosiasikan.... ;-)