Assalaamu 'alaikum

Arti shalat maupun shalawat ngga' bisa ditentukan dari lafalznya, tapi
ditafsirkan dari makna maksudnya.

Shalat
Ada kata yang maknanya shalat lafalznya shalat juga, dan ada juga maknanya
shalat tapi lafalznya shalawat. Mis.
1. QS Al-Mu'minun 2
wallaziinahum 'alaa shalaatihim khaasyi'un, dan orang-orang yang khusyu'
shalatnya.
2. QS Al-Mu'minun 9
wallaziinahum 'ala shalawaatihim yuhaafizuun, dan orang-orang yang memelihara
shalatnya.

Untuk jumlah fi'liyah (kalimat dengan kata kerja)yang sempurna alias lengkap
dan fi'ilnya dari kata dasa shalla, makna shalawat dari lafalznya bisa lebih
kelihatan lagi, yaitu bisa dilihat dari fa'il (subyek) dan maf'ul (obyek)
kalimat tersebut. Mis. QS Al-Ahzab 56
-innallaaha wamalaaikatahu yushalluuna 'alannabi, yaa ayyuhallaziina aamanu
shallu 'alaihi ......
-innallaahaa yushallu 'alannabi, ditafsirkan Allah bershalawat atas nabi, bukan
shalat atas nabi.
-inalmalaaikatahu yuhsalluu 'alannabi, ditafsirkan para malaikatNya bershalawat
atas nabi, bukan shalat atas nabi.
yaa ayyuhallaziina aamanu shallu 'alaihi, ditafsirkan perintah kepada orang
yang beriman untuk bershalawan atas nabi, bukan shalat atas nabi..
Karena, shalat itu lillaahi rabbil 'alamin, untuk Allah Tuhan sekalian alam,
bukan untuk nabi. Dan Allah ngga' sama dengan makhluk, apalagi shalat menyembah
makhluk ciptaanNya.

Jadi, karena makna shalawat susah dan ribet jika diartikan ke dalam bahasa
Indonesia, mendingan kita ikutin aja tafsiran ulama untuk kata shalat maupun
shalawat terhadap ayat Qur'an maupun hadis. Lebih safe gitcu loch.

Wassalaam