Saya tahu persis tentang perkebunan sawit ini. Umumnya tidak bagus buat
lingkungan. Saya sudah baca dan ngobrol sama orang2 kehutanan dan scientists
lainnya dan saya percaya ini.

Hutan kalau dipotong diganti oleh sawit, hutannya hilang. Sawit tidak sama
dengan hutan walaupun pohon sawit kalau dibiarkan tumbuh menjadi hutan, tidak
akan sama dengan hutan karena pohon sawit itu perlu air artinya pohonnya
menghisap banyak air dari tanah. Ditanah asia tenggara kalau musim panas tinggi
dan terlalu lama, tanahnya hancur dan sawit tumbuhnya setengah mati/hidup.

Masalah sawit ini seperti masalah tambang. Kita ambil timah. Banyak orang
teriak2 membela tambang liar karena dulunya dipegang oleh pemerintah pusat.
Lalu otonomi daerah dijalankan, rakyat beramai2 melakukan illegal mining ini.
hasilnya: lubang gede sekali yg disebut kolong dibangka Belitung.

Ini masalah duit. Ini masalah ekonomi. Ini masalah social.

Ketika kita hanya melihat dari satu sisi yg walaupun benar, kita kehilangan
gambar besarnya.

Yang mana yang mau kita lihat, itu semua tergantung kita masing2. Apakah kita
mau lihat: sawitnya, tambang rakyat/illegalnya, otonominya, rakyatnya,
pengelolaan negaranya, ekonominya, dampak lingkungannya dll?

Saya mencoba utk tidak melihatnya dari satu sisi saja. yang saya inginkan
hanyalah rakyat Indonesia dapat maju, sejahtera dan makmur. Perkara bagaimana
menuju kearah ini, bisa diperbincangkan. Ini PR yang harus Indonesia pikirkan.
Kalau hanya melihat satu sisi/factor saja, bagi saya mudah sekali. Lalu karena
tidak puas/suka, lalu keluarlah kritikan2 yang walaupun benar tetapi bagi saya
sayang saja karena tidak akan memecahkan masalah yg sebetulnya sedang terjadi.
Mestinya setelah mengkritik, kita dapat memberikan solusi seharusnya bagaimana.

Kita ambil contoh kalau sawit tidak diperbolehkan, apakah ada alternative lain
utk rakyat supaya bisa mencari nafkah?

Sama terjadi dengan tembakau yg relative lebih mudah mencari alternatifnya.
Kalau industry rokok ditutup, petani tembakau yg segitu banyak terutama di jawa
tengah dan timur akan kelimpungan. Luar biasa dampak ekonomisnya kalau pabrik
rokok tutup.  Alternatifnya memang petani tembakau ini bisa dialihkan kemenanam
tanaman lain tetapi ini juga bukan pekerjaan yg mudah. Jadi suatu masalah itu
bukan embedded dalam hanya masalah itu sendiri tetapi banyak hal lain yg
terkait yg harus kita lihat dgn lebih seksama.

Perkara modal asing itu bagi saya begini. Ada hal2 yg bisa dikembangkan oleh
rakyat Indonesia. Ada hal2 yang tidak bisa dan harus dibantu oleh asing. Begitu
juga modal. Kalau bisa dikerjakan dari dalam negeri, kenapa tidak? kalau ada
modal dari dalam negeri, kenapa harus menggunakan modal dari luar negeri dalam
bentuk modal asing?

Bagi saya bukan modal asingnya tetapi apakah memang kita butuh modal asing
dalam mendorong ekonomi kita, ini yang ingin saya lihat ada pembicaraannya.
Kesimpulannya saya tidak anti modal asing tetapi saya ingin jangan kita
tergantung pada modal asing dalam menunjang ekonomi kita.

Nesare